Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 12 Mei 2014

Populasi Kakatua Australia Mulai Menurun



Gudang Burung - Tim relawan pengamat burung di garis pantai negara bagian Victoria dan Australia selatan akan meninjau jumlah kakatua berperut oranye, salah satu spesies burung yang paling terancam di Australia.
Menurut keterangan Departemen Lingkungan dan Industri Primer Victoria, hanya ada sekitar 70 burung kakatua berperut oranye yang tersisa di alam bebas.
Spesies ini berkembang biak pada musim panas di Tasmania dan kemudian terbang ke pinggiran pantai Victoria dan Australia selatan, selama musim dingin.
Habitat yang hilang, meningkatnya jumlah predator dan ketidakmampuan untuk berkembang biak adalah alasan-alasan di balik penurunan jumlah populasi kakatua langka ini.
Koordinator Pencarian Tingkat Kawasan dari lembaga pemerhati spesies burung ‘Birdlife Australia’, David Williams, mengutarakan, tim relawan akan memulai pemantauan minggu kedua bulan Mei ini.
Ia menambahkan, pemantauan ini akan membantu upaya konservasi guna menyelamatkan spesies burung yang populasinya terancam ini.
“Kakatua yang sungguh menyedihkan...mereka punya siklus hidup yang sangat berat sehingga kita tak bisa menjamin bahwa 70 kakatua di Tasmania itu benar-benar berpindah seluruhnya ke daratan utama saat musim dingin,” ujar David.
Tim relawan akan menyebar anggota mereka di sepanjang pantai selat Bass, Victoria; wilayah Pelabuhan Barat; Semenanjung Bellarine; Pantai Selancar serta pantai barat daya Victoria, dan juga kawasan danau rendah serta Coorong di Australia bagian tenggara.
“Hal yang menakjubkan jika kita dapat menolong spesies ini. Selain itu, mengamati burung juga hal yang menyenangkan untuk dilakukan, berjalan menyusuri bibir pantai yang basah dan tambak garam. Akan ada sekelompok predator dan juga semua jenis burung berhabitat air yang dapat memanjakan mata, jadi jika anda adalah pemerhati burung, kegiatan ini sangat mengasyikan,” tutur David
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...