Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 05 Mei 2014

Pentet Anda Manja? Coba Yang Satu Ini


Gudang Burung - Salah satu hal paling menjengkelkan dari burung pentet adalah karakternya yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi manja sehingga memiliki sifat seperti burung piyikan / miyik . Sifat tersebut bisa sewaktu-waktu muncul akibat terlalu sering dimanja oleh pemiliknya. 

Secara umum dalam usia 8 bulan keatas sifat manja tersebut sudah hilang dan karakter pentetpun menjadi burung dewasa yang tampak terlihat tenang, tapi dalam beberapa kasus sifat manja atau miyik tersebut kadang bisa sewaktu-waktu muncul kembali meski pentet berusia lebih dari 8 bulanan. 


Faktor manja dari burung pentet terjadi karena beberapa penyebab diantaranya : 
Pola makan yang tidak teratur atau kurang dari segi kandungan nutrisi dan protein hewani yang dibutuhkan oleh burung sekelas pentet.

Pentet adalah hewan predator, paruhnya yang bercagak gunanya adalah merobek daging mangsanya seperti kadal, burung kecil dan ikan kecil. jadi jika pakan hariannya hanya mengandalkan makanan kering seperti voer serta jangkrik beberapa ekor saja setiap harinya, maka kecenderungan untuk miyik atau manja itu akan muncul sewaktu mereka membutuhkan protein yang lebih. 

Banyak yang beranggapan bahwa pentet bisa menjadi bresifat manja jika terlalu sering diberi pakan misalnya jangkrik langsung dari tangan kita, sebenarnya hal tersebut bisa saja memang demikian sebabnya. 
Tetapi faktor penentu yang membuat pentet menjadi cepat manja adalah karena mereka kekurangan nutrisi dan merasa kurang tercukupi protein hewaninya. 
Kalau tidak yakin cobalah berikan jangkrik pada pentet yang manja tersebut, pasti tidak akan selesai meski sudah diberi beberapa puluh jangkrik sekalipun, pentet akan sangat rakus jika mereka merasa kekurangan nutrisi. 

Usia pentet yang masih muda juga menjadi salah satu kecenderungan pentet memiliki sifat manja tersebut, terlebih jika burung tersebut didapat dari anakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...