Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 25 Mei 2014

Lomba Burung Kodam Siliwangi III


Gudang Burung - Jawa Barat bisa menjadikan perlombaan burung sebagai objek wisata baru, karena ternyata peminatnya ada di seluruh Indonesia. Terbukti dalam perlombaan burung yang digelar Kodam III Siliwangi pun pesertanya mencapai ribuan orang. 

Demikian dikatakan Pangdam III Siliwangi Dedi Kusnadi Thamim, di Batalyon Arhanudri-3, Jalan Manado No 12, Kota Bandung, saat perlombaan burung dalam rangka menyambut ulang tahun Kodam III Siliwangi, Minggu (25/5/2014).
Menurut Dedi, dengan suksesnya perlombaan ini Kodam III Siliwangi pun akan melaksanakan perlombaan ini secara rutin. Meski perlombaan ini sudah yang ke-4, namun sempat tertunda berkali-kali, karena agenda padat Kodam III.
Selain itu, lanjut Dedi, perlombaan burung ini bisa juga sebagai bentuk kecintaan masyarakat terhadap pelestarian alam, khususnya burung-burung yang semakin langka keberadaannya. 
"Saya sudah imbau kepada para pemilik burung-burung dalam lomba ini, supaya membuat penangkaran, dan membudidayakannya, jadi selain mereka bisa mendapatkan keuntungan, sekaligus mereka melestarikan hewan burung yang mulai langka," ujar dia.
Tak hanya itu, kata Dedi, meski hanya perlombaan burung, justru hal ini bisa mempererat persaudaraan di antara pecinta burung seluruh Indonesia, dan karena perlombaan ini diadakan oleh Kodam III Siliwangi, maka ini juga sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.
Pantauan wartawan di lapangan, perlombaan ini diikuti ribuan orang dari seluruh Indonesia, sehingga lapangan Arhanud yang tidak terlalu besar pun dipadati penonton.
Perlombaan pun memperebutkan hadiah total hingga Rp 592 juta lebih, sehingga peminatnya membeludak, dan acara puncaknya adalah ketika perlombaan murai batu piala Pangdam, yang memperebutkan hadiah Rp 50 juta. 
Dalam pertandingan murai batu tersebut, juara 1 diraih oleh "Gobi" yang berasal dari Cirebon, sementara juara 2 oleh "Napoleon" yang berasal dari Lampung, dan juara 3 diraih "Iler" dari Bekasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...