Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 01 April 2014

Pusat Panel Surya Bisa Bunuh Burung Yang Melintas Dengan Seketika!



Gudang Burung - Pembangkit listrik tenaga surya Ivanpah yang terbesar di dunia, baru-baru ini mulai beroperasi di Gurun Mojave (Mojave Desert), Kalifornia, AS.

Namun, kelompok lingkungan mengkritik suhu tinggi 538 derajat Celcius yang dihasilkan hampir sebanyak 350,000 keping lensa raksasa.
Suhu tinggi itu menyebabkan species burung yang terbang di angkasa bernasib malang. Ada yang bulunya gosong terbakar, bahkan ada yang mati terbakar seketika.
Menurut laporan terkait, "Ivanpah Solar Electric Generating System" secara resmi dioperasikan pada 14 Februari 2014 lalu, menduduki area seluas 12.9 kilometer persegi dengan biaya 2.2 miliar dolar AS (±Rp.24 triliun), yang dioperasikan bersama perusahaan energi NRG, Google dan BrightSource Energy.
Terbetik berita, bahwa sebanyak 350,000 keping lensa raksasa berukuran 2.1 meter x 3 meter itu dikendalikan oleh komputer, yang dapat mengubah sudut bias setiap saat. Setelah cermin itu mengumpulkan energi panas, kemudian direfleksikan ke 3 menara penghimpun energi panas setinggi 139 meter, mengubah energi surya menjadi listrik kemudian dipasok ke 140,000 rumah tangga setempat.
Namun, oleh sejumlah kelompok pecinta lingkungan, pembangkit listrik itu disebut "proyek energi surya pemanggang burung seharga 2.2 miliar dolar AS", karena energi surya yang direfleksikan kepingan lensa raksasa, membuat suhu di sekitar pembangkit listrik itu mencapai 538 derajat celcius. Suhu itu menyebabkan burung-burung yang terbang melintas mati terbakar.
energi-surya
Pembangkit listrik Ivanpah terletak di 45 kilometer barat daya Las Vegas, wilayah yang banyak memiliki sinar matahari sepanjang tahun, dekat dengan jalur transmisi listrik. 
Menurut data 2013 dari perusahaan energi setempat, bahwa dalam beberapa bulan selama percobaan terkait, terdapat bangkai beberapa species burung di sekitar pembangkit listrik itu. Ahli biologi federal menemukan bangkai-bangkai itu ada yang bulunya hangus terbakar, termasuk dua ekor burung elang, empat ekor Grey Nightjar (burung segan), 1 ekor Alaotra Grebe (sebangsa belibis), 1 ekor Falco peregrinus (Elang pemburu) dan beberapa ekor burung gereja.
Pihak pembangkit listrik mengatakan sudah memprediksi bahwa begitu pembangkit itu dioperasikan pasti akan menewaskan beberapa species burung. Namun, di luar dugaan, akan menewaskan beberapa ekor burung selama percobaan tersebut.
Kelompok pecinta lingkungan mempertanyakan jika satwa liar setempat terluka atau bahkan mati karena itu, lantas dimana nilai energi bersih yang didengungkan?
Saat ini, badan pengawas federal dan negara bagian AS sedang melakukan studi dalam jangka dua tahun untuk mendalami dampak pembangkit listrik Ivanpah terhadap spesies burung setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...