Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Rabu, 30 April 2014

Dome Burung Akan Dibangun Di Taman Balekambang, Solo


Gudang Burung Wisata Soloraya kian dipercantik. Salah satunya di Kota Solo. Taman Balekambang Solo yang menjadi salah satu jujugan wisatan kian mempercantik diri.



Taman Balekambang menyeriusi pembuatan dome atau sangkar burung berbentuk kubah di sekitar kawasan taman. Pembuatan fasilitas tersebut diklaim mendukung pencanangan Solo sebagai kota penangkar burung.
Kepala UPTD Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (28/4/2014), mengatakan pembuatan dome berfungsi untuk mengedukasi warga ihwal satwa yang dilindungi.
Hingga kini, pihaknya mengaku sudah mendapat sumbangan tiga pasang burung Jalak Bali dari seorang penangkar. Jalak Bali merupakan salah satu burung yang dilindungi dan dilestarikan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). “Hanya belum bisa dipamerkan karena sangkarnya belum ada,” ujarnya.
Endang mengatakan dana pembuatan dome diupayakan dari pihak ketiga. Sejauh ini, Taman Balekambang telah berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan untuk merealisasi rencana tersebut.
Endang mengatakan satu dome setidaknya butuh biaya Rp15 juta. 
“Karena butuhnya sedikit sengaja kami cari dari sponsor saja. Tahun ini harapannya satu dome sudah dibangun,” tuturnya.
Endang menjelaskan sangkar burung tersebut nantinya bakal dipasang melingkar di batang pohon. Dome bakal dibuat cukup lebar agar burung leluasa terbang di pepohonan.
Menurut Endang, keberadaan dome berikut koleksi Jalak Bali akan semakin menambah suasana asri taman. Sebelumnya, taman yang dibangun Mangkunegara VII itu memiliki beberapa koleksi satwa seperti rusa, ayam kalkun, angsa dan burung merpati. Balekambang juga memiliki Taman Reptil. “Kalau ada kicauan burung tentu lebih sejuk.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...