Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 01 April 2014

Burung Kuntul Mulai Migrasi Saat Memasuki Musim Tanam



Gudang Burung Memasuki masa tanam kedua yang dilakukan sebagian petani, khususnya diKecamatan Tugumulyo membuat ratusan burung menghinggapi area persawahan mereka. Petani di wilayah tersebut seringkali menyebut, hinggapnya Burung Kuntul itu sebagai pertanda atau petunjuk bila area sekitar sawah mereka subur.

Tugiyo (42), petani Desa Q1 Mataram, Kecamatan Tugumulyo mengatakan, Burung Kuntul selalu bermigrasi dan berkumpul di tengah-tengah area persawahan yang basah. Bahkan pasca panen, dua pekan berlangsung burung-burung itu menghinggapi sekitar lahan sawah untuk mencari makanan.

"Kalau petani menyebutnya dengan sebutan Burung Kuntul. Warnanya yang putih terang seringkali membuat orang-orang penasaran dan gemas untuk menangkapnya. Tapi bagi kami (petani), kehadiran burung kuntul sebagai pertanda masuknya musim tanam kedua dan menunjukkan bila area sawah sekitar subur," ungkapnya.

Selain itu, kehadiran burung kuntul paling sering menghinggapi sawah di pagi dan sore hari. Khususnya setelah turun hujan, biasanya ratusan burung berkumpul mencari makan di sawah-sawah yang sudah dibajak ataupun telah dipanen.
"Biasanya hinggap disawah yang basah, habis dibajak petani. Burung kuntul di  situ mencari makan seperti ikan, pacet, dan lintah," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Mura, Bambang Hariadi melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan dan Ikan, Marzuki menerangkan dirinya menganggap keberadaan burung kuntul menguntungkan dari segi ekonomi. Sebab burung kuntul secara tidak langsung membantu petani membasmi hama sawah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...