Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Jumat, 07 Maret 2014

Ternak Perkutut - 10. Pemeliharaan Anakan



Gudang BurungPiyik-piyik setelah berumur 1 - 1,5 bulan sebaiknya sudah mulai dipisahkan dari Induknya baik Perkutut maupun Puter/Diamond Dove, sebab mereka sudah bisa mulai makan sendiri dan biasanya Indukannya juga sudah enggan meloloh dan sudah mulai melakukan perkawinan lagi.

Piyik-piyik tersebut ditempatkan didalam sangkar kayu ukuran 50(L) x 70(P) x 50(T) cm sebanyak 8-10 ekor bersama-sama, kalau perlu diberikan lampu untuk pemanas terutama pada malam hari atau udara dingin pada musim penghujan.

Sebaiknya tiap-tiap piyik diberikan vitamin tambahan antara lain berupa; B-komplek, minyak ikan, kalsium dan obat cacing sebelum dimasukkan ke sangkar kayu tersebut.

Usahakan minimum setiap hari setidaknya dua hari sekali dijemur dari jam 08.00 sampai jam 11.00, agar mendapat sinar matahari pagi dan ultra violet yang cukup untuk kesehatan tubuhnya. Dan pada minumannya diberikan Vitamin tambahan dua kali seminggu untuk menambah daya tahan tubuhnya.

Menginjak umur 3 (tiga) bulan, bila dikehendaki piyik-piyik tersebut sudah dapat dipisahkan dan masing-masing dimasukkan ke sangkar soliter agar dapat lebih mudah untuk memantau suaranya dan menentukan kualitas suaranya tersebut.

Selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan penilaian apakah Indukan kandang tertentu sudah benar atau kurang benar, sehingga perlu dilakukan perombakan pasangan Indukannya dalam usahanya untuk selalu meningkatkan mutu kualitas suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...