Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 24 Maret 2014

Perawatan Kenari Merah, Wajib!

 
Gudang Burung - Ketika budidaya atau ternak kenari merah, tentu yang menjadi terget para peternak adalah menghasilkan warna merah yang benar-benar merah dan sehat. 
 Memang segala yang dari alam pasti disediakan oleh alam. Untuk mendapatkan warna merah pada kenari merah super seperti red intensif bisa menggunakan pakan khusus kenari merah alami yang mengandung banyak beta carotene sebagai zat perangsang pigmen warna merah pada bulu kenari. 
 
Selain menggunakan cara perawatan intensif kenari pada umumnya, penambahan pakan yang mengandung beta carotene seperti pada buah dan sayuran yang berpigmen merah seperti pada berry, cabe, paprika merah, cherry, tomat, labu, ubi-ubian, wortel, dan brokoli. 
 
Buah dan sayuran tersebut dapat dicincang atau diparut langsung untuk dicampurkan pada pakan kenari, atau dengan cara dikeringkan terlebih dahulu untuk selanjutnya dicampurkan. 
 
Selain menggunakan pakan alami yang kaya akan beta carotene, bisa juga dengan mencampurnya dengan canthaxanthin yang merupakan zat pewarna yang biasanya digunakan untuk makanan. Di Inggris penggunaan canthaxanthin memang bisa dicampurkan untuk pakan ternak unggas. Tetapi bagaimanapun juga sumber beta carotene alami jauh lebih baik bagi kesehatan kenari merah. 
 
Untuk pengaplikasian canthaxanthin dapat dilakukan dengan mencampurkan dengan pakan atau minuman kenari terutama berikan saat perawatan kenari yang sedang mabung. Sementara untuk pakan alami juga diberikan saat kenari mabung, bahkan harus terus berlanjut setelah kenari selesai mabung agar warna merahnya dapat terus dipertahankan. 


Demikian sedikit informasi dari tim usahaternak mengenai tips memilih kenari merah asli dan cara perawatannya agar mendapatkan kenari merah idaman sobat ternak. Tetap waspada dan teliti dalam membeli kenari merah, karena modus jual beli kenari merah juga bermacam-macam semata-mata untuk mendapatkan keuntungan sesaat tanpa peduli kepuasan pembeli dan peternak kenari. Semoga tips dari kami bermanfaat, selamat berternak!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...