Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Sabtu, 15 Maret 2014

Mengerodong Burung, Bermanfaatkah?



Gudang BurungSering kita melihat penghobi melakukan pengerodongan pada Murai Batu miliknya. Istilah pengerodongan adalah menutup dengan kain sebagian atau seluruh bagian pada kandang, dengan begitu Murai Batu yang berada dalam kandang memiliki keterbatasan melihat gerak-gerik pemandangan yang luas oleh karena suasana dalam kandang menjadi gelap.
Nah, tahukah anda maksud dari pengerodongan tersebut? Jika belum, artikel kali ini akan membahas tentang itu, jadi teruslah membaca.

Umumnya pengerodongan sendiri dimaksudkan untuk menghangatkan tubuh Murai Batu di kala musim penghujan ataupun di malam hari di mana suasana malam begitu dingin. Tetapi lama-kelamaan pengerodongan ini ternyata memiliki banyak manfaat, sehingga akhirnya pengerodongan menjadi kebiasaan para penghobi Murai Batu. 

pengerodongan pun banyak disesuaikan dengan jadwal-jadwal tertentu, hal itu dalam upaya penanganan terhadap permasalahan Murai Batu, seperti mempercepat di masa mabung dan juga mempermudah dalam pemasteran isian burung kicauan. Nah, untuk lebih lengkap mengenai fungsi dari pengerodongan kandang Murai Batu, penulis mengklasifikasikan dalam poin-poin berikut beserta penjelasannya :

  • Mempercepat beradaptasi pada lingkungan

    Berguna bagi anda yang baru membeli Murai Batu liar (penangkapan hutan) yang sifatnya belum jinak atau masih giras, dengan pengerodongan dapat membuat Murai Batu tersebut secara perlahan menjadi lebih tenang. Caranya, kandang terlebih dahulu dikerodong menggunakan kain yang gelap secara keseluruhan, kemudian dalam proses yang bertahap, kerodong dapat diganti dengan warna yang lebih transparan (tembus cahaya), tujuannya membiasakan Murai Batu beradaptasi pada lingkungan yang baru dan menjadi lebih jinak.

  • Menghindari dari serangan serangga

    Nyamuk, dan jenis serangga yang berbahaya lainnya tidak dapat masuk guna menggigit atau menyerang Murai Batu. Dengan pengerodongan, Murai batu terlindungi dari serangan serangga pengganggu. Pada kasus ini, pengerodongan dilakukan secara menyeluruh pada bagian kandang, tepatnya di malam hari.

  • Menyimpan energi

    Beberapa penghobi yang ingin melombakan Murai Batu mereka, biasanya akan melakukan pengerodongan. Hal itu bertujuan membuat Murai Batu dalam suasana yang tenang dan santai. pengerodongan akan membuat Murai Batu dalam kandang tidak mudah terpancing naik birahi dengan melihat pengaruh-pengaruh dari luar yang akan menguras banyak tenaga.

  • Mempercepat masa mabung

    Masa mabung adalah masa pergantian bulu cindil menuju bulu dewasa. Pada proses mabung Murai Batu dalam kondisi yang tinggi birahi, dan juga sensitif pada tingkat stres yang tinggi pula. pengerodongan akan memberikan kenyamanan proses mabung Murai Batu, karena tidak terganggu faktor lain, dan terutama akan membuat tidak beterbangannya bulu Murai Batu yang berjatuhan, yang mana bulu-bulu beterbangan tersebut dapat menunda proses mabung Murai Batu.

  • Menjaga mental

    Fungsi pengerodongan ini juga berguna pada Murai Batu yang belum dewasa dan masih memiliki mental tarung yang lemah. di masa ini Murai Batu diusahakan untuk tidak berhadapan secara langsung dengan Murai Batu dewasa atau yang memiliki jiwa tarung yang tinggi, karena dapat menimbulkan cacat mental.

  • Meminimalisir stres dalam perjalanan

    pengerodongan sangat berguna apabila Murai Batu ingin dipindahkan dalam satu tempat ke tempat yang lain, apalagi dengan jarak atau perjalanan yang cukup jauh. Dengan pengerodongan, menjaga kondisi Murai Batu agar tetap tenang dan aman, serta menjaga agar Murai Batu tidak mudah capek atau kelelahan dalam perjalanan tersebut.

Itulah fungsi-fungsi dari pengerodongan kandang Murai Batu dengan segala kemanfaatannya. Jika anda ingin memasang kerodong pada kandang Murai Batu, pilihlah kerodong dengan jenis kain yang baik, tidak berserat, dan tidak terlalu tebal. kerodong dengan kain yang tebal hanya cocok dipakai pada waktu-waktu tertentu saja, misalnya malam hari atau saat hujan turun. Memakai kerodong berkain tebal sepanjang hari tidaklah dianjurkan, karena bisa berpotensi Murai Batu mempunyai kebiasaan malas berkicau dan dari segi kesehatan juga bisa memperburuk kondisinya. kerodong dengan kain yang agak tipis (agar intensitas cahaya bisa menerangi kandang) dan warna yang tidak menyolok bisa menjadi pilihan pemakaian kerodong di siang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...