Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Sabtu, 15 Maret 2014

Memilih Cucak Ijo Bagi Pemula


Gudang BurungBurung Cucak Ijo termasuk salah satu burung yang banyak dicari karena memiliki karater suara yang khas. Selain itu, burung ini juga sering diperlombakan untuk mencari salah satu yang memiliki kualitas kicauan paling bagus. 

Tidak heran bila harga burung tersebut lantas melambung tinggi ketika sudah memenangkan perlombaan.
Memilih Cucak Ijo yang untuk lomba perlu memerhatikan kriteria khusus. Dikutip dari situs Smartmastering, berikut cara memilihnya:
  1. Memiliki jenis kelamin jantan. Ciri fisik yang tampak adalah memiliki panjang serasi, panjang ekornya lebih panjang dari betina, supit kecil dan tulang belakangnya tampak rapat, bulunya punya kelir yang tegas, paruhnya gelap, gerakan lincah, kepala besar, mata besar dan cenderung melotot, serta bulu di bawah leher memiliki kelir hitam dan ada bentuk topeng di wajahnya.
  2. Terkait dengan paruhnya, pilih yang memiliki pangkal lebar, panjang, dan besar. Usahakan tidak mendapatkan burung yang punya pembengkokan pada paruh.  Pastikan hidungnya letaknya sangat dekat dengan mata. Pada paruh bawah, pilih yang bentuknya lurus.
  3. Pilih Cucak Ijo yang terlihat lincah bergerak. Selain itu, burung denga kondisi ini memiliki nafsu makan tinggi dan cenderung punya psikis yang lebih baik. Selain itu, usahakan mendapatkan yang rajin untuk berkicau. Burung tersebut berpeluang untuk berhasil saat dimastering kicauannya.
  4. Masih berhubungan dengan kicauan, pilih yang memiliki leher panjang dan tampat padat berisi. Leher seperti ini menunjang kicauan burung terdengar lebih kuat.
  5. Paduan badan, leher, ekor, dan kaki pilih yang terlihat serasi. Hindari Cucak Ijo yang punya badan pendek.
  6. Tanda burung Cucak Ijo sehat adalah sayap dapat mengepit rapat dan kakinya masih mampu mencengkram secara kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...