Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Jumat, 14 Maret 2014

Kandang Khusus Bagi Murai Batu



Gudang BurungBurung murai batu tidak bisa dilepaskan dari sangkar yang didiaminya. Dikutip dari blog Simuraibatu, sangkat memegang peranan penting untuk menentukan seberapa nyamannya si burung.

Oleh sebab itu, dalam memilih sangkar murai batu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  1. Sesuaikan ukuran sangkar sesuai dengan besar kecilnya burung murai batu yang hendak dipelihara. Jika yang dirawat ukurannya besar, ukuran sangkar juga harus semakin lebar. Kalau murai batu badannya kecil, bisa dipilih sangkar yang ukurannya sedang. Idealnya, sebuah kandang yang baik dapat memberikan keleluasaan bagi burung untuk bergerak lincah.
  2. Perangkat yang mesti ada dalam sangkar adalah tempat makanan, tempat air minum, tempat tangkringan, dan sarana pembuangan kotoran. Kandang mesti dicek stok makanan dan minumannya. Kotoran juga harus selalu dibersihkan.
  3.  Jenis sangkar burung untuk burung kicau sangat beragam. Ada yang kotak, membulat, dan sebagainya. Dilihat dari bahan bakunya, ada yang terbuat dari kayu jati, kayu ulin, kawat, bambu, dan besi. Harga mengikuti kualitas bahan. Hanya saja, minimal setidaknya menyiapkan uang Rp 100 ribu. Pasalnya, sangkar murai batu tidak ada yang murah.
  4. Apapun jenis sangkar yang dipilih, pastikan murai batu di dalamnya merasa nyaman. Pasalnya, jika burung sudah terlihat tidak bersemangat, dia akan menjadi stres. Akhirnya, burung menjadi sulit dilatih untuk berkicau dengan baik.
  5. Untuk lebih mendalami soal sangkar burung murai batu, jangan sungkan untuk mendatangi langsung produsen sangkar. Mereka lebih piawai dalam memberikan masukan terkait dengan sangkar yang cocok untuk berbagai jenis murai batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...