Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 03 Maret 2014

Gagak Kaledonia Burung Tercerdas Di Dunia, Benarkah?



Gudang BurungBurung juga memiliki kemampuan yang tak kalah dari manusia. Nah, seekor burung ini bisa menyelesaikan misi memecahkan teka-teki yang cukup susah. Percaya?
Seekor burung gagak diuji, sejauh mana kemampuannya untuk menyelesaikan teka-teki pada delapan kotak. Alat uji ini bukan sembarangan. 

Peneliti menyebut teka teki yang diciptakan sebagai salah satu pengujian otak binatang yang paling kompleks, dilansirHuffingtonpost, Senin 17 Februari 2014.

Pengujian kecerdasan burung gagak memang bukan yang pertama kali, tetapi sebagai burung yang dikenal sebagai pemecah kebuntuan, burung gagak kesohor memiliki kemampuan memori mirip manusia. 

Buktinya, setelah melalui beberapa studi, peneliti mengetahui burung gagak dapat mengenali wajah, lalu mampu mengomunikasikannya dengan burung lain pada suatu kejadian. Bahkan, instingnya sangat terlihat, burung gagak bisa menghindari lokasi yang berbahaya bagi keselamatan mereka.

Dalam pengujian, mulanya gagak sempat bingung saat menerka pada kotak teka teki pertama dan kedua berisi makanan. Begitu mengetahui yang di dalam dua kotak itu bukan makanan, hanya kubus kayu. Akhirnya, burung gagak beralih ke kotak lainnya. 

Burung melihat kotak kaca, yang terhubung tali dengan kotak lainnya, yang berisi makanan. 

Si burung menyadarinya. Tapi, untuk membuka kotak yang berisi makanan itu, burung harus berhasil membuka pengait yang ada di kotak kaca. 

Ternyata, burung gagak itu punya cara brilian untuk membuka pengait kotak kaca. Burung gagak meletakkan dua kubus kayu yang didapatkan dari dua kotak sebelumnya sebagai pemberat. Hal ini, otomatis menarik tali kotak kaca dan membuka tutup kotak yang berisi makanan. 

Karena kecerdikannya, burung gagak ini dijuluki 007, julukan karakter James Bond yang terkenal dengan kegesitannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...