Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 31 Maret 2014

Elacura, Burung Kecil Suara Nan Merdu Yang Langka



Gudang BurungSebuah famili burung yang hanya terdiri dari satu spesies telah ditemukan oleh para peneliti.

Para ilmuwan yang sedang meneliti famili burung kelompok Passerida yang memiliki kebiasaan hinggap berhasil mengidentifikasi 10 cabang terpisah dalam silsilah kehidupan mereka.
Analisis tersebut juga mengungkapkan bahwa burung kecil yang terus berkicau ini berdiri di cabangnya sendiri dan tidak berhubungan dengan spesies burung-burung kecil lainnya.
Para ahli menyatakan bahwa burung langka ini bernama Elachura. Penemuan ini dipublikasikan di Jurnal Royal Society Biology Letters.
"Spesies tunggal ini adalah satu-satunya wakil yang hidup dari salah satu cabang-cabang terawal di dalam kelompok burung hinggap terbesar, yang termasuk ke dalam sekitar 36% dari 10.500 spesies burung di dunia," ujar Prof Per Alstrom dari Universitas Ilmu Agrikultural, Uppsala, Swedia.
Elachura formosa, sebelumnya dikenal dengan Spelaeornis formosus, merupakan sekekor burung mungil yang ditemukan dari bagian timur Pegunungan Himalaya hingga Cina tenggara.
Prof Alstrom menjelaskan burung ini sebagai "burung yang sangat rahasia dan sulit untuk ditemukan, sebagaimana burung ini biasannya bersembunyi di semak yang sangat padat di hutan-hutan gunung subtropis." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...