Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Sabtu, 01 Maret 2014

Dampak Perubahan Iklim, Burung Laut Jadi Terbang Lebih Jauh



Gudang BurungPara ilmuwan mendapati bahwa perubahan iklim memaksa beberapa jenis burung melakukan perjalanan lebih jauh dan mengubah makanan mereka.

Sebuah artikel yang diterbitkan di Jurnal Global Change Biology menunjukkan, makanan burung laut shearwater sudah sangat berubah selama 75 tahun terakhir.

Menurut peneliti Dr Jennifer Lavers dari Universitas Tasmania, ini menunjukkan, burung-burung itu mengubah perilaku mereka sebagai akibat dari perubahan iklim.

Studi itu juga mendapati, mereka terpaksa mencari makanan ke tempat yang lebih jauh.

"Ini menunjukkan bahwa pada dasarnya telah terjadi suatu perubahan yang sangat signifikan di laut yang menyebabkan burung-burung itu sama sekali mengubah makanan mereka. Dalam kasus ini, salah satu variabel terbesar adalah El Nino," katanya.
Studi itu juga mendapati, posisi mereka pada rantai makanan (dimana serangkaian organisme saling bergantung dalam kebiasaan makan mereka) telah sangat merosot ketika mereka terpaksa mencari makanan ke tempat yang lebih jauh.
Dr Lavers mengatakan, ini mungkin menimbulklan implikasi pada species lainnya.
"Setiap perubahan perilaku, perubahan makanan yang terjadi pada burung shearwater, diperkirakan akan berpengaruh pada semua organisme lainnya dalam rantai makanan dibawah mereka," jelasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...