Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 25 Maret 2014

Burung Gemar Selingkuh?

 
Gudang Burung - Bila filosofi buaya adalah salah satu hewan yang memiliki perilaku setia pada pasangannya, berbeda pada burung. Berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa burung kerap bercerai dan gonta-ganti pasangan.

Penelitian yang dilakukan oleh University of of Sheffield dan University of Bath menyatakan bahwa pasangan burung tak jarang berselingkuh, bercerai, dan kemudian mencari pasangan lain untuk kawin. Terlebih pada kawanan burung yang jumlahnya banyak, semakin tinggi pula kemungkinan untuk kawin dengan banyak burung lainnya.

Kawanan burung yang didominasi oleh betina akan lebih besar kemungkinannya si betina meninggalkan sang jantan untuk mencari pejantan lain. Ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan dari 197 spesies burung yang berbeda tetap memiliki kemungkinan bercerai yang tinggi.

Ketika dalam kawanan burung si pejantan lebih banyak dari betina, kemungkinan si pejantan berselingkuh dengan burung betina lain sangat tinggi. Namun tidak 'menceraikan' atau meninggalkan betina yang dikawininya pertama kali. Namun ketika betina lebih banyak dari pejantan, kemungkinan bercerai yang lebih tinggi.

Jika situasinya pejantan dan betina sama-sama banyak, kemungkinan yang terjadi adalah burung-burung tersebut berganti-ganti pasangan lebih dari satu.

"Jika satu jenis kelamin lebih banyak dari jenis kelamin lainnya, maka burung dengan jenis kelamin yang lebih sedikit memiliki kemungkinan tinggi untuk kawin dengan pasangan baru," kata profesor Andras Liker dari University of Sheffield, seperti dikutip DailyMail, Selasa (25/3/2014).

"Pada dasarnya, burung dengan jenis kelamin yang lebih sedikit di kawanannya akan memiliki kesempatan besar untuk 'bermain' dan bahkan berselingkuh untuk mendapatkan pasangan baru untuk kawin," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...