Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Rabu, 15 Januari 2014

Resplendent Quetzal


Gudang Burung - Resplendent Quetzal, merupakan burung dari keluarga fargon, dapat ditemui di Meksiko Selatan hingga ke Barat Panama. Tetapi habitat asli burung ini berada di Amerika Selatan. 

Burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 30 - 45 cm dengan berat 1/4 kg. Burung dengan ciri khas berupa dua bulu ekor yang panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Dengan warna hijau yang sangat mencolok serta bulu dada yang berwarna merah terang membuatnya mudah dikenali. Serta terdapat bulu semacam jambul di kepalanya dibalut bulu berwarna hijau keemasan membuatnya semakin cantik.

Yang unik juga dari burung ini bentuk paruh yang tidak terlalu besar dan berwarna orange terang, menambah nilai plus burung ini. Makanan dari burung ini berupa serangga-serangga kecil yang banyak ditemui di hutan Amerika Selatan. Sering juga memakan buah-buahan kecil


Burung ini lebih sering sendiri ketika masa kawin belum tiba. Misalnya saja di Meksiko, burung ini breeding di rentang bulan Maret - April. Di Guatemala rentang bulan Maret - Mei. Dam di El Savador, berada di rentang bulan April - Mei.

Burung Resplendent Quetzal hanya bisa memiliki 2 buah telur yang berwarna hijau seperti warna bulu dominannya. Hal ini juga yang mempengaruhi populasi burung Resplendent Quetzal. Burung ini memiliki sarang di dalam pohon, karena suhu di Amerika Selatan yang dingin.

Salah satu burung yang telah berada melebihi ambang langka dan hampir punah ini terlihat dari tingginya blackmarket penjualan burung ini juga menjadi faktor berkurangnya populasi burung ini di habitat aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...