Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Jumat, 24 Januari 2014

Ciri Merpati Balap Unggulan Part. II

http://www.gudangburung.com/

Gudang Burung - Sepuluh tahun lalu, seorang ahli merpati balap di Jakarta Barat pernah berucap, beternak merpati balap itu harus berawal dari hobi. Dengan begitu ada kemauan untuk belajar. Sebaris kalimat itu sampai saat ini masih menjadi resep rahasia keberhasilan banyak pehobi dan penangkar merpati balap di tanahair.




Berikut lanjutan 10 fakta yang bisa menambah pengetahuan para pehobi merpati balap.

6. Sepasang induk babu paling bagus meloloh 1 telur, tetapi 2 telur pun masih bisa. Lama meloloh 30–48 hari. Induk babu paling bagus banyak karena sepasang induk hanya meloloh 2–3 kali saja dengan selang waktu istirahat 1–1,5 bulan. Lebih dari itu, induk sudah bosan dan ditakutkan akan menelantarkan anakannya yang diloloh tidak sehat.

7. Telur dipindah ke induk babu yang memiliki tanggal bertelur beriringan, paling lama bedanya 2 hari, dan terbaik satu hari. Yang penting babunya harus bertelur belakangan. Andai induk dijodohkan Minggu, misalnya, induk babu dijodohkan Senin supaya bertelur beriringan. Bila dijodohkan hari Minggu, Senin berikutnya induk sudah bertelur.


8. Terdapat kepercayaan tertentu dalam merpati balap. Burung yang dilombakan tidak pernah diambil anaknya. Bila diambil, telur tidak ditetaskan selama burung masih mengikuti lomba.


9. Penyakit yang sering menyerang merpati balap adalah tetelo di saat peralihan musim. Sebagai tindakan preventif berilah merpati vitamin secara rutin. Selain itu tutup ruang kandang agar angin tidak masuk. Selama itu, burung hanya dilepas di dalam ruangan.


10. Pakan yang diberikan berupa jagung kecil, jagung kecil, beras merah, kacang hijau, dan tepung kerang. Pakan diberikan 2 kali sehari. Pada pagi jumlah pakan yang diberikan cukup sedikit 10—15 butir, serta sore diberikan sekenyangnya. Merpati yang sudah dilatih biasanya sedikit makan, tapi merpati yang sedang meloloh akan banyak makan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...