Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Rabu, 08 Januari 2014

2014 Kutilang Terbang Bebas


Gudang Burung - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasdem Jawa Timur melepasliarkan 2.014 burung dari berbagai jenis di Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya, Minggu, sebagai bentuk hadiah tahun baru sekaligus apresiasi terhadap Surabaya yang dikenal peduli dan cinta alam.

"Ini sebagai bentuk apresiasi terhadap Kota Surabaya yang mencintai tanaman dengan mendirikan banyak taman untuk penghijauan," ujar Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Nasdem, Sri Sajekti Sudjunadi, kepada wartawan di sela pelepasan burung itu.

Sejumlah jenis burung yang dilepas adalah kutilang, perkutut dan burung gereja yang dilepasliarkan dari sangkarnya. Bersamaan dengan program hari bebas kendaraan (car free day), masyarakat ikut membaur dengan pengurus dan bersama melepas burung.

"Terima kasih kepada masyarakat Surabaya, khususnya yang datang dan ikut membantu melepas burung-burung. Semoga Surabaya semakin indah dan nyaman, ditambah dengan kicauan-kicauan burung," kata dia.

Di sejumlah taman lainnya di kota ini juga akan disebar burung-burung serupa.

Menurut kader Nasdem yang akrab disapa Jeannette itu, semua warga dan elemen harus ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kenyamanan. Selain itu, partisipasi publik dituntut menjaga paru-paru sebuah kota.

Hadir dalam acara tersebut, di antaranya Sekretaris DPW Partai Nasdem Jatim Aminurrohman, Wakil Ketua Mufti Mubarok, Wakil Sekretaris Ahmad Heri, beserta sejumlah calon legislator, baik calon DPRD I, II maupun DPR RI dari partai bernomor urut 1 tersebut.

Turut hadir dan mendapat kesempatan melepasliarkan burung-burung tersebut yakni Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Hj Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Khofifah, upaya yang dilakukan Partai Nasdem ini merupakan inisiasi positif dan layak dicontoh oleh semua pihak. Selain peduli terhadap lingkungan, pelepasan burung kutilang akan mampu membuat warga maupun pengunjung Surabaya merasa kerasan.

"Di Singapura dan Malaysia, warga bisa melihat burung-burung terbang bebas dan mendengar kicauannya. Nah, kita tidak perlu jauh-jauh ke sana karena di Surabaya bisa melihat pemandangan seperti itu," kata salah satu pendiri Ormas Nasdem tersebut.

Ia mengajak warga kota untuk senantiasa menjaga dan melestarikan tanaman maupun burung-burung yang terbang dengan tidak menangkapinya.

Selain itu, kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Khofifah jufa menyarankan agar lebih tegas terhadap perusahaan yang tidak peduli pada penghijauan.

"Mari semua menjaga kebersihan dan penghijauan Kota Surabaya. Kepada Bu Risma, perusahaan-perusahaan yang tidak peduli penghijauan harus diingatkan agar merubahnya," kata mantan calon Gubernur Jatim tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...