Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 19 Desember 2013

Rp. 500 Juta Untuk Seekor Burung di WTC Mangga Dua



Gudang Burung Pernah lihat seekor burung dengan harga hampir menyamai satu unit Toyota Camry? Atau, udang mini seharga Rp 10 juta?  Kalau belum, yuk berkunjung ke pameran ikan hias berskala internasional yang bertajuk “Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) 2013 di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara.

Gelaran yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia Pets Plants Aquatic Ekspo (IPPAE), danWTC Mangga Dua ini akan berlangsung mulai 1-8 Desember 2013. Herjanto Kosasih, Ketua Panitia Penyelenggara IPPAE 2013, mengatakan penyelenggaraan yang ke-5 ini bertujuan untuk lebih mengenalkan ikan hias Indonesia kepada para pehobi di seluruh dunia.
"Kami ingin membuat sebuah wadah nirlaba tentunya disokong oleh WTC. Kita juga punya cita-cita, bahwa produk dari Indonesia, yang jual juga orang Indonesia. Selama ini keanekaragaman hayati kita diambil oleh Singapura," katanya, Sabtu (30/11/2013).
Herjanto mencontohkan, ikan Arwana yang dijual di Singapura. "Mereka membeli dari Indonesia sekitar Rp 7 juta. Di Singapura mereka bisa menjual bisa tiga kali lipatnya."
Herjanto juga menuturkan, dengan terselenggaranya acara IPPAE yang ke-5 ini dia yakin akan mendongkrak penjualan ikan hias di Indonesia, karena pameran ini berskala internasional sama seperti Aquarama yang dilakukan di Singapura.
Herjanto memperkirakan transaksi penjualan ikan hias selama pameran IPPAE 2013 akan mencapai Rp 10 miliar. Saut P Hutagalung, Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, mengatakan selama ini ikan hias Indonesia kurang dikenal oleh pehobi ikan hias di mancanegara karena kurangnya promosi.
“Sebaliknya Singapura meskipun tidak memiliki keanekaragaman sumberdaya alam hayati, namun para pelaku usahanya sangat mendukung para pehobi ikan hias di negaranya dengan menyelenggarakan pameran ikan hias berskala internasional seperti Aquarama”, ungkapnya.
Acara ini didukung oleh berbagai komunitas Ikan Hias seperti Ikan Mas Koki, Ikan Louhan, Ikan Arwana, Ikan Discuss, Monsterfish, Ikan Cupang/ Betta dan Koi. Tak ketinggalan didukung juga oleh komunitas lain seperti komunitas Reptil, Sugar Glider, Burung Kenari, Musang, Landak Mini,
Paruh Bengkok, komunitas layang-layang, komunitas Mamal Lover, tanaman buah maupun tanaman hias, serta komunitas tanaman hias air atau Aquascape dan juga komunitas pecinta Anjing Pitbull.
Satwa Unik
Untuk acara IPPAE ke-5 ini, panitia menghadirkan berbagai satwa dan tanaman yang unik dan menarik antara lain Burung Macow Haycinth yang akan dilepas dengan harga Rp 500 juta, ikan Louhan Golden Base seharga Rp 100 juta, atau ikan mas Koki terbesar di Indonesia yang berharga Rp 300 juta.
Atau kebayang tidak satu ekor udang dibanderol Rp 10 juta, ada juga Musang albino dibanderol Rp 35 juta.
Acara yang digelar di WTC Mangga Dua menempati 4 lantai, mulai dari lantai LG, Ground, UG sampai lantai 1. Beberapa komunitas yang akan mengadakan kontes antara lain :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...