Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 12 Desember 2013

Robot Pengusir Burung di Bandara



Gudang Burung - Sebuah laboratorium energi atom Korea Selatan mengembangkan robot semiotonom pertama di dunia. Robot ini berguna mengusir serangan burung-burung di landasan pesawat.

"Robot ini awalnya ditugaskan oleh militer untuk mencegah serangan burung di bandara militer," tutur Yi Jongmin, Kepala Hubungan Masyarakat di Institut Riset Energi Atom Korea (Kore Atomic Energy Research Institute/KAERI).

Laboratorium robotika KAERI memelopori proyek yang secara resmi disebut "Sistem Pencegahan Serangan Bandara" ini dan bekerja sama dengan produsen senjata LIG Nex1. Demikian seperti dilansir CNNGo, Jumat..

Serangan burung memang menjadi masalah utama maskapai penerbangan dan bandara di seluruh dunia. Menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, 400 orang tewas akibat serangan burung sejak 2003, sementara 420 pesawat telah rusak. Sekitar 40 persen kecelakaan pesawat yang terjadi akibat serangan burung berlangsung pada malam hari.

"Robot baru ini memiliki fitur semiotonom, sebuah teknologi pengumpulan informasi yang biasanya digunakan untuk robot yang dikirim ke daerah radioaktif," tutur peneliti KAERI, Sohn Jae-min.

Robot yang terlihat seperti versi lego dari robot Transformer ini dilengkapi speaker yang bisa menyiarkan suara burung untuk menakutinya, termasuk suara burung elang yang berkekuatan hingga 100 desibel. Suara ini dapat terdengar hingga 300 kilometer.

Robot ini juga dapat menembakkan laser dan mengumpulkan informasi mengenai pergerakan, konsentrasi, dan perilaku burung-burung di sekitar bandara, dan mengirimkan kembali informasi tersebut ke pusat pengendalian. Robot ini akan mulai operasi percontohannya di sebuah bandara militer Korea pada Juni mendatang.

"Kami berharap robot ini akan digunakan di bandara sipil seluruh dunia dalam waktu dekat," tutup Yi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...