Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 17 September 2013

Menggunakan Bau Untuk Mencari Pasangan


Gudang Burung Kebanyakan burung diketahui memilih pasangan dengan komunikasi antarburung dan dengan keindahan warna bulu calon pasangannya. Namun, para ilmuwan di Michigan State University mengatakan, burung menemukan pasangan berdasarkan baunya. 

Ketua penelitian, Danielle Whittaker, mengatakan burung bisa mendeteksi tingkat kesuburan si calon pasangan melalui bau itu. Aroma ini dihasilkan oleh kelenjar preen (kelenjar untuk bersolek) yang terletak pada ekor burung. 


Burung akan menggunakan paruh mereka untuk mengekstrak minyak kelenjar preen. Kemudian, burung akan mengoleskan minyak itu pada bulu dan kaki mereka. Kelenjar preen digunakan oleh burung sebagai penguat sayap.

"Studi ini menunjukkan hubungan yang kuat tentang cara burung menggunakan bau mereka pada musim kawin untuk mencari pasangan. Burung jantan yang berbau sangat laki-laki dan burung betina yang sangat bau perempuan, tingkat keberhasilan perkawinannya akan sangat tinggi," Whittaker menjelaskan, Rabu, 4 September 2013.

Peneliti juga menemukan bahwa bau burung bisa jadi informasi tentang kesehatan dan kadar hormon seekor burung. Kuatnya bau pada burung jantan juga jadi pertimbangan burung betina dalam memilih calon pasangannya, begitu pun sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...