Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 26 Agustus 2013

Tips Membawa Murai Batu dalam Perjalanan Jauh Tanpa Sangkar



Gudang BurungJika pada suatu saat anda harus membawa Murai Batu dalam perjalanan jauh tanpa menggunakan sangkar, sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips yang akan saya bagikan kali ini.

Pertama, gunakan kardus sebagai media pengganti sangkar. Usahakan kardus memiliki sirkulasi udara yang cukup dan tidak terlalu tinggi. Agar burung dapat merasa nyaman ketika di dalam kardus. Serta biasanya Murai Batu akan bertahan selama 24 jam di dalam kardus yang memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Kedua, ikat ekor Murai Batu dengan tali rafia yang telah dibelah menjadi seukuran benang wol di dua bagian yaitu di bagian pangkal ekor dan bagian tengah ekor. Ini bertujuan agar ekor burung tidak mudah patah dan rusak selama dalam perjalanan. Jangan lupa untuk membilas ekor burung dengan air sebelum diikat.

Ketiga, pemberian Extra Fooding yang lebih banyak, yaitu sekitar 2 hingga 3x lipat porsi harian burung. Misalnya porsi harian 5 ekor jangkrik di pagi hari, maka berikan sedikitnya 10 hingga 15 ekor jangkrik. Jika EF tidak habis dimakan, maka masukkan sisa EF yang seharusnya diberikan ke dalam kardus yang nantinya digunakan untuk membawa burung.

Keempat, hindari penyimpanan kardus dibawah sinar matahari langsung. Karena dapat meningkatkan suhu di dalam kardus yang membuat burung mudah lelah dan lemas, dan dapat berujung pada kematian si burung.

Yang terakhir, setelah sampai di tempat tujuan tangkaplah burung secara perlahan. Buat si burung nyaman, serta basuh pada bagian ekor untuk mempermudah melepaskan rafia yang terdapat pada ekor dengan perlahan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...