Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 22 Agustus 2013

Pola Perawatan Murai Batu Saat Mulai Rontok Bulu


 

Gudang BurungMerawat burung memasuki tahap pelepasan bulu yang mulai rontok terkadang memaksa para penghobi burung kicau untuk sedikit ‘’memanja’’ burung peliharaannya, termasuk bagi burung Murai Batu.
Perawatan serta penanganan extra harus dilakukan ketika si burung memasuki masa ini, karena kestabilan burung ketika di lapangan ditentukan dengan perawatannya ketika burung tersebut mabung.

Apabila perawatan tidak maksimal, maka burung bisa mengalami penurunan mental bertarung dan akan berlanjut dengan sendirinya dengan penurunan nafsu makan si burung sendiri. Dan pemulihan untuk burung yang mengalami hal demikian memakan waktu lebih lama 1 hingga 2 bulan daripada masa mabungnya sendiri.

Masa-masa istirahat burung biasanya 3 hingga 4 bulan, dari awal ketika bulu mulai ambrol sampai pemulihan bulu muda yang siap untuk perlombaan. Kisaran waktu ini biasanya tergantung bagaimana si empunya burung merawatnya.

Apabila perawatannya maksimal, maka waktunya akan lebih cepat dari yang diperhitungkan sebelumnya. Dan apabila perawatannya kurang maupun tidak maksimal, tentu saja waktu yang dibutuhkan akan lebih lama dari yang diperhitungkan sebelumnya yang juga dapat mengganggu jadwal si burung sendiri.

Burung harus istirahat total ketika di Minggu pertama bulu burung telah jatuh dan ambrol. Pemberian Extra Fooding seperti jangkrik dikurangi, tetapi untuk kroto berikan seperti pola hariannya. Burung juga harus full kerodong serta diletakkan di ruang khusus dan burung mandi sekitar 3-4 hari sekali. Walaupun demikian, kebersihan kandang burung juga harus diutamakan.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan. Bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi tentang pengalaman pribadi serta pengalaman teman-teman penghobi burung kicau yang lain. Salam kicau. (rsp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...