Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 20 Agustus 2013

Penyebab Burung Hanya Ngriwik Terus


 

Gudang BurungBanyak pertanyaan mengenai hal ini. Kebanyakan adalah para penghobi pemula seperti saya serta teman-teman penghobi burung lainnya. Pastilah kita merasa cemas dan khawatir jika burung yang kita pelihara tidak segera menemukan performa terbaiknya kembali.
Tetapi, saya mendapatkan sedikit informasi mengenai alasan burung hanya ngeriwik terus. Penyebab burung hanya ngeriwik terus adalah :.    
  • Burung berusia muda ataupun berusia tua yang merupakan tangkapan hutan. Karena burung tangkapan hutan tumbuh dan besar yang notabene jauh dari lingkungan manusia. Sehingga perlu waktu lebih lama, bahkan berbulan-bulan hanya untuk memberikan burung waktu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Karena burung yang demikian mempunyai mental yang masih tertekan dengan lingkungan barunya.
  • Burung memasuki masa mabung. Biasanya burung hanya ngeriwik bahkan cenderung diam daripada ngeriwik.Perhatikanlah, jika pertamanya burung peliharaan anda gacor, tetapi pada suatu saat hanya ngeriwik dan cenderung diam, maka akan ada bulu-bulu halus akan mulai berjatuhan.
  • Burung habis mabung. Biasanya cuma ngeriwik ringan dan belum mau gacor seperti sebelum mabung. Hal ini dikarenakan masa pemulihan pasca mabung yang memang memerlukan sedikitnya waktu 1 hingga 2 bulan. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi jenis burung tertentu, yang walaupun mabung tetapi tetap gacor. Artinya secara umum burung pasca mabung sebenarnha adalah burung yang tidak ataupun belum sehat secara fisik. Untuk mempercepat masa pemulihannya, pastikan saja kecukupan nutrisi harian bagi burung tersebut.
  • Burung yang kalah setelah diadu. Biasanya juga ngeriwik terus dan tidak mau gacor. Jika demikian, maka anda perlu mengarantina burung tersebut hingga kondisi mental tempurnya kembali muncul. Karantina ini terkadang memerlukan waktu lebih lama untuk burung yang mentalnya sangat down, serta lebih sedikit untuk burung yang mentalnya sedikit down. Terkadang untuk pemulihan juga dapat berlangsung ketika burung melewati masa mabungnya lagi. Yang terpenting adalah perawatan serta kecukupan gizi serta nutrisi hariannya.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan. Bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi tentang pengalaman pribadi serta pengalaman teman-teman penghobi burung kicau yang lain. Salam kicau. (rsp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...