Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 01 Agustus 2013

Pembasimian Hama Tikus dengan Burung Hantu Lebih Efektif


Gudang BurungRatusan burung hantu belakangan ini dipergunakan Dinas Pertanian Sukoharjo untuk membrantas ribuan tikus yang merusak dan melahap puluhan hektare tanaman padi petani yang sudah memasuki masa paruh panen.

"Kami sudah menyiapkan ratusan ekor burung hantu untuk ikut membantu petani mengatasi serbuan ribuan tikus yang selama ini tidak mempan dimusnahkan hanya dengan cara geropyokan maupun obat-obatan," terang Giyarti kepada Media Indonesia, Minggu ( 28/7).

Menurut dia, keberhasilan burung hantu mengusir hama tikus sudah bisa dilihat di hamparan tanaman padi di kecamatan Baki dan Sukoharjo. Sejak burung hantu diturunkan di sawah, tikus-tikus sudah berkurang banyak, sehingga dengan bantuan gropoyokan,akan membuat tikus menghilang.

Ia paparkan, sejak ratusan burung hantu dikerahkan untuk membantu memusnahkan hama tikus, luasan yang diserang semakin sempit. 

"Karena efektif dan murah, Dispertan Sukoharjo mengajukan usulan dana ke APBD Perubahan untuk pembuatan rumah bagi hewan predator ini," tukasnya.

Sejauh ini ratusan hektare tanaman padi di hampir semua kecamatan masih diganggu hama tikus, sehingga keberadaan burung hantu semakin diperlukan petani dalam upaya pembrantasan. Selain hama tikus,wereng cokelat dan pengerek batang kini juga menjadi permasalahan petani agar padinya tidak puso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...