Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Sabtu, 17 Agustus 2013

Elang Bondol Terluka Setelah Tabrak Gedung


Gudang BurungSeekor elang bondol (Haliastur indus) ditemukan terluka di lapangan Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada Selasa 13 Agustus 2013. Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Malang dan Profauna merawat dan mengevakuasi satwa langka tersebut.
"Pergelangan kakinya terluka," kata Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid, Jumat 16 Agustus 2013. Kini, telah menjalani perawatan dan menanganan darurat. Sedangkan untuk proses pemulihan elang yang menjadi maskot Jakarta ini menjalani karantina di kantor BKSDA Resor Malang.

Elang jatuh dan terluka, katanya, karena tersesat hingga menabrak gedung Polinema. Habitat elang bondol tersebar di sepanjang kawasan pesisir Jawa Timur mulai Pulau Sempu di Malang, Taman Nasional (TN) Meru Betiri (Jember), TN Baluran (Situbondo), TN Alas Purwo (Banyuwangi).

"Habitatnya di pantai, tak mungkin terbang sampai Kota Malang," katanya. Rosek menduga jika elang tersebut berasal dari komunitas penghobi yang mengoleksi burung elang. Penelusuran ProFauna menunjukkan jika komunitas sering menggelar atraksi di depan publik.

"Tapi sekarang tiarap, setelah polisi Yogyakarta menertibkan komunitas elang," ujarnya. Komunitas elang Yogyakarta diduga juga berjaringan dengan komunitas di Malang. Rosek menduga jika anggota komunitas memiliki elang secara ilegal.

Elang bondol merupakan satwa dilindungi yang terancam punah akibat perburuan dan perdagangan ilegal. Elang bondol memakan ikan laut dan bersarang di kawasan hutan sekitar pantai. "Populasi elang bondol belum ada penelitian secara ilmiah," katanya.

Jika kesehatan elang bondol pulih, BKSDA bersama ProFauna merencanakan melepaskan kembali ke alam. Termasuk menyiapkan bertahan hidup dan berburu ikan untuk mencari pakan. Sebab, di tangan penghobi bulu primer sayap elang bondol dicabut. "Bulu dicabut agar tak terbang tinggi," katanya.

Sementara Kepala Resor BKSDA Malang, Dedi Sudiana menjelaskan jika elang dalam tahap pemulihan. Terutama mengembalikan pergelangan kaki elang bondol yang terluka akibat terjatuh. "Masih proses pemulihan," katanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...