Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 08 Juli 2013

Gembira Loka Zoo Terima 6 Murai Batu Sitaan


Gudang BurungKebun Binatang Gembira Loka (GLzoo) Yogyakarta, menerima enam ekor burung murai batu (copsychus malabaricus).


Keenam ekor burung tersebut, kata Kepala Seksi Karantina pada Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta Ina Sulistyani di Yogyakarta, Selasa (18/6), merupakan hasil sitaan petugas Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.


Burung yang sudah berkicau itu, ujarnya dikirim dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan menggunakan pesawat Hercules. Namun, ujarnya, dari pemeriksaan dokumen kiriman, ternyata jumlah yang tercantum di dokumen tidak sesuai dengan jumlah yang dikirim.


 "Ada kelebihan jumlah burung. Karena itu kemudian kami sita kelebihan itu," katanya.

Ia menambahkan seharusnya burung tersebut dimusnahkan jika dalam tiga hari setelah penyitaan tidak juga diurus oleh pemiliknya. Dalam tiga hari sesuai ketentuan, lanjutnya, memang tidak ada pengurusan. 


"Tetapi ternyata burung-burung itu dalam kondisi sehat. Sehingga, burung itu kami serahkan ke GLzoo sebagai tempat konservasi," katanya. Sesuai prosedur, keenam ekor burung itu masih harus menjalani masa karantina di Klinik Karantina GLzoo. 

"Baru setelah itu boleh disaksikan oleh masyarakat umum," kata Kabag Nutrisi dan Kesehatan Satwa GLzoo drh Noor.

Ia menambahkan karantina itu juga dimaksudkan untuk memastikan kondisi kesehatan satwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...