Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 07 Juli 2013

Alasan Migrasi Burung Ke Indonesia



Gudang BurungIndonesia merupakan kawasan penting bagi tujuan migrasi burung-burung pantai dari belahan bumi utara. Salah satunya adalah Pantai Cemara yang berada di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.


Kawasan pantai berpasir dengan luas 450 hektare ini merupakan habitat burung air dan daerah persinggahan burung pantai migran. Pantai Cemara ini terletak bersebelahan dengan Taman Nasional Berbak.

“Pantai Cemara Jambi akan diusulkan menjadi kawasan ekosistem esensial, wilayah penting di luar kawasan konservasi. Pengelolannya akan dilakukan secara kolaboratif bersama antara BKSDA, Pemda, Desa Cemara, dan Kecamatan,” demikian ujar Tri Siswo Rahardjo, Kepala BKSDA Jambi.

Pantai Cemara di Jambi merupakan salah satu lokasi migrasi penting dari burung-burung pantai dunia. Dari sekitar 26.000 ekor burung yang ada di Pantai Cemara, telah teridentifikasi empat jenis burung air, 27 jenis burung pantai, 30 jenis burung hutan, dan sebelas jenis burung laut. 

Pantai Cemara dan propinsi Jambi sendiri masuk dalam jalur migrasi Asia Timur-Australia, yang meliputi kawasan luas yaitu Asia Timur, Papua, Australia, Selandia Baru, hingga pulau-pulau di lautan Pasifik. Untuk menandai jalur migrasi burung, setiap tahunnya sekitar 1.000 burung pantai migran berhasil diidentifikasi dan ditandai dengan cincin dan bendera warna oranye-hitam oleh para pengamat burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...