Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 24 Juni 2013

Tips Pelihara Cendet dari Bayi


Gudang BurungJangan takut gak berhasil pelihara burung ini dari kecil, ini tipsnya agar kalian berhasil pelihara burung cendet ini mulai dari kecil/anakan, ini tahapannya :
  1. Cari/beli anakan burung cendetnya, anakan burung ini biasanya paling banyak 4 ekor/persarang. Ingat anakan burung cendetnya kalau bisa jangan yang masih merah (baru menetas), cari anakan minimal yang bulunya udah keluar walaupun masih kayak jarum gak apa-apa. Tapi kalau tidak ada lagi ya gak apa-apa dah yang masih merah, cuma kalian harus sedikit lebih telaten.
  2. Taruh dalam timba anakan sekaligus sarangnya, lalu gantung timba tersebut ditempat yang aman. Itu bertujuan agar anakan burung tersebut tidak kedinginan dan tidak terjangkau oleh kucing, tikus, semut dan tangan-tangan jail. Ingat perhatikan tempat kalian menggantung timabanya, hati-hati timbanya jatuh.
  3. Cari/belilah belalang atau jangkrik, kalau bisa beli saja jangkrik di toko-toko burung terdekat biar gampang. Lebih bagus jangkrik untuk pakanan anakan burung ini, selain besar juga dagingnya banyak sehingga anakan bisa lebih cepat besar.
  4. Kalau kalian sudah dapat jangkriknya jangan asal kasih makan anakan burungnya. Karena banyak kasus anakan burung mati karena terlalu kenyang, keselek, dan faktor lalai pada tahapan 2 tadi.
  5. Cara kasih makan anakan burungnya, matikan jangkriknya terlebih dahulu dengan memencet kepalanya, setelah mati buang 2 kaki panjang belakangnya lalu suapin anakan burungnya dengan kepala jangkrik yang dimasukkan terlebih dahulu kemulutnya.
  6. Setalah burung belajar makan sendiri, berhentilah kalian menyuapin anakan tersebut, taruh saja jangkriknya di tempat makanan burungnya biar diambil sendiri.
  7. Setelah anakan tersebut bisa makan sendiri dan sudah mau makan sentrat di tempat pakanan, kalian cukup berikan jangkrik 1 setiap pagi dan sore.
  8. Kalau tahapan 8 sudah bisa dilakukan, kalian bisa memandikan burung dengan semprotan sebanyak 2 kali dalam seminggu.
Itu tips-tipsnya, kalau kalian jalankan tips tersebut. kalian akan mendapatkan burung cendet yang berkicau secara maksimal dan pasti burung tersebut menjadi burung kesayangan kalian karena kalian yang merawat dari anakan.


Jangan lupa lihat jadwalnya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...