Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Sabtu, 01 Juni 2013

Kecerdasan Tak Diragukan (Lagi)

http://cp.jurnalhajiumroh.com/uploads/radhite/image/merpati%20putih%20terbang.jpg

Gudang Burung - Para peneliti di Universitas Iowa (UI) menemukan bahwa burung merpati mampu menyelesaikan tes kecerdasan dan memilih "senar" yang benar pada layar sentuh dengan mematuknya dengan paruh mereka.

Hasil penelitian menunjukkan burung mampu membuat pilihan yang sangat cerdas, kadang-kadang dengan keterampilan memecahkan masalah untuk mencocokkan.

“Merpati membuktikan bahwa mereka memang bisa belajar melakukan tugas ini dengan berbagai konfigurasi senar yang berbeda,” kata Profesor Wasserman dari UI, dalam Daily Mail, Kamis, 30 Mei 2013.

Dalam percobaan ini, prosentase merpati dapat memilih dengan benar antara 74 persen dan 90 persen. Burung cerdas ini menatap layar sentuh komputer dengan tombol persegi yang terhubung ke salah hidangan yang tampaknya penuh atau kosong.

 Jika burung mematuk tombol yang benar pada layar, mangkuk virtual akan bergerak mendekat pada burung. Jika mangkuk sudah mampu digapai, burung ini akan diberi mangkuk berisi makanan sungguhan.

“Kami percaya penelitian ini merupakan inovasi yang menjanjikan dalam psikologi komparatif dan perkembangan," ujar Profesor Wasseman. "Ini memungkinkan kami untuk memperluas eksplorasi pada spesies lain dan kecerdasan hewan-hewan ini dapat dimanfaatkan manusia.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...