Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 09 Juni 2013

Pelepasan Burung Eks. Habitat Merapi

 http://images.harianjogja.com/2012/01/burung-merapi-aan-370x257.jpg

Gudang Burung Sebanyak 97 jenis burung yang berada di sekitar Gunung Merapi kini sudah kembali ke hutan setelah sebelumnya menghilang saat terjadi erupsi (gunung meletus) tahun 2010 lalu. Selain burung, ada beberapa satwa lain yang juga sudah tampak kembali dengan sendirinya, di antaranya landak dan harimau.


“Setelah kami identifikasi, setidaknya sudah ada 97 jenis burung yang kembali ke hutan Merapi,” ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Kuspriyadi Sulistyo, di Klaten, Kamis (1/12).

Pihaknya sendiri terus melakukan identifikasi terhadap satwa-satwa lain seperti kera yang hingga kini masih berkeliaran di pemukiman penduduk yang berada di lereng Gunung Merapi. “Kera-kera turun gunung untuk mencari makan. 

Sebab, lahan makanan yang berada di atas belum sepenuhnya pulih,” ujarnya.

Selain melakukan identifikasi satwa, pihak BTNGM juga melakukan restorasi hutan di kawasan Gunung Merapi setelah beberapa bagiannya rusak akibat erupsi pada 2010 lalu. 

“Restorasi atau proses mendukung pemulihan dan pelestarian keanekaragaman hayati serta kesatuan ekosistem dilakukan untuk mengembalikan fungsi lahan seperti semula,” imbuh Kuspriyadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...