Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 20 Mei 2013

Koloni Penguin Kasiar Ditemukan


Gudang BurungJumlah penguin kaisar saat ini diduga lebih banyak dari perkiraan. Tahun 2009, citra satelit menunjukkan adanya koloni penguin yang belum pernah ditemukan. Desember 2012 lalu, adanya koloni penguin berjumlah 9000 ekor akhirnya berhasil dikonfirmasi. 

Tiga petualang yang terlibat ekspedisi penemuan koloni penguin itu adalah pimpinan tim, Alain Hubert, mekanis Kristof Soete dan guide gunung Raphael Richard. Mereka tak berencana menemukan koloni penguin tersebut, namun cuaca bulan Desember lalu rupanya mendukung misi itu.

"Sudah hampir tengah malam saat kami sukses menemukan jalan melewati jurang es dan mendekati lima grup pertama yang beranggotakan seribu individu, 3/4 diantaranya adalah anakan. Ini momen yang tak terlupakan," kata Hubert seperti dikutip 
Our Amazing Planet, Selasa (8/1/2013).

Tim yang menemukan koloni penguin ini mendukung penelitian Derwael Ice Rise, berlokasi 50 km dari koloni. Peneliti menyelidiki kecepatan proses pelelehan es di Antartika Timur akibat pemanasan global.

Temuan koloni penguin kaisar ini kegembiraan sekaligus kesedihan. Penguin akan terus terancam akibat perubahan iklim yang memicu pelelehan es. Antartika adalah salah satu yang paling cepat mengalami pemanasan. Suhu udara meningkat 4-5 derajat Celsius dalam 50 tahun terakhir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...