Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 16 Mei 2013

Jadi Pengamat Burung Pemula


Gudang BurungBagi sebagian masyarakat awam, pengamatan burung mungkin hanyalah sekedar hobi. Namun jika ditelusuri lebih jauh, hobi ini dapat menimbulkan kepekaan seseorang terhadap lingkungan. 

Secara tidak langsung dapat mengetahui  beberapa banyak jenis burung yang terdapat di kawasan tersebut. Tak hanya itu, kita dapat mengetahui kondisi habitat dan keadaan yang mempengaruhi keberadaan binatang bersayap  tersebut.

K
awasan Suaka Marga Satwa Muara Angke yang berada di Jakarta Utara merupakan salah satu tempat konservasi yang di dalamnya terdapat perlindungan atau suaka bagi burung. Burung yang biasa hidup di hutan pantai dan rawa-rawa  atau yang sangat bergantung dengan lahan basah.

Saat itu, Rabu (21/7) menjelang sore, HIMPALAUNAS.COM meniti jalur gladak kayu di tengah-tengah rawa. Sepanjang jalan terdengar riuh bermacam burung rawa.Sesekali melihat mereka terbang atau hanya hinggap di lumpur-lumpur rawa.

Pihak Balai Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta juga menyediakan shelter ditengah rute jalur gladak kayu tersebut. Shelter ini selain difungsikan sebagai tempat istirahat juga menjadi tempat berbagai informasi bagi para pengunjung.
Informasi ini berupa panduan bagi para pengunjung yang tertarik dalam pengamatan burung. Mulai dari tips bagaimana cara pengamatan burung, anatomi burung hingga beberapa contoh jenis gambar burung yang terdapat di kawasan tersebut. Selain itu, sepanjang jalan juga terdapat papan informasi mengenai jenis burung apa saja yang terdapat di wilayah itu.

Kawasan ini sebenarnya sangat ideal bagi para pengamat burung, baik untuk yang sekedar hobi atau belajar penelitian. Letaknya yang tak jauh, bahkan terhitung masih dalam kota, dapat menjadi tujuan akhir pekan yang bermanfaat. Refreshing bersama burung-burung rawa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...