Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 12 Mei 2013

Bryan Shearwater, Spesies Burung Baru dari AS


Gudang BurungPekan ini merupakan momen penting bagi Amerika Serikat (AS), karena untuk kali pertama ditemukan spesies burung baru di Amazon, setelah beberapa dekade. Penemuan ini sebelumnya agak samar terlihat di radar para ilmuwan, mungkin karena burung tersebut terlihat mirip dengan dokumentasi spesies lain yang sudah ada.


Seperti dikutip Discovery News, Sabtu (27/8/2011), spesies burung baru yang ditemukan di Amazon merupakan jenis burung laut, yakni Bryan Shearwater (Puffinus Bryani), yang berasal dari Kepulauan Hawaii. 

Sebuah makalah yang terdapat pada jurnal The Condor mencatat bahwa ini adalah spesies baru yang pertama kali ada di AS, sejak burung Po'ouli ditemukan di hutan Maui pada 1974. Untuk memastikan apakah Bryan Shearwater adalah spesies baru, para imuwan melakukan tes DNA. Setelah hasilnya keluar, dinyatakan jika burung tersebut benar-benar merupakan spesies baru di AS.


"Penemuan baru dalam spesies burung ini, sangat menarik. Kami puas setelah memastikan hipotesis awal kami melalui tes DNA, sehingga bisa mengkonfirmasi jika hewan ini merupakan burung yang unik, baik secara genetik, maupun dari tampilannya. Ini merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi dalam sebuah spesies burung," kata Rob Fleischer, Kepala Pusat Smithsonian Conservation Biology Institute (SCBI).


Bryan Shearwater adalah jenis Shearwater terkecil di dunia. Flieischer menambahkan, jika burung ini juga merupakan burung langka yang harus dilindungi agar tidak punah.

"Jika kita dapat menemukan di mana spesies ini berkembang biak, maka kita mungkin memiliki kesempatan untuk melindungi dan menjaganya dari kepunahan," ungkap Andreanna Welch, rekan Flieischer dari SCBI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...