Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 30 April 2013

Pembantaian Enggang untuk Kepentingan Suatu Negara


http://www.equator-news.com/sites/default/files/imagecache/large/images/18112012/paruh-burung-enggang.jpg
Gudang Burung - Tokoh Masyarakat Melawi M Ruslan mengatakan, penjualan paruh enggang ke Malaysia ataupun ke China sejatinya hanya untuk kepentingan negara tersebut. Sebab paruh enggang di negara tersebut juga hanya dibuat replika kemudian kembali kepada wisatawan.


“Jadi tujuan utama mereka agar burung enggang di Kalimantan Barat ini bisa punah, sementara mereka mengembangkan burung enggang di sana, sehingga orang-orang nanti akan datang ke sana untuk melihat burung enggang,” katanya.

Untuk itulah kata Rahman oknum dari negara tetangga sering membeli paruh enggang dari Kalimantan Barat, kendatipun paruh enggang tidak mempunyai nilai ekonomis, apalagi untuk kepentingan obat-obatan.

“Kalau biasanya orang berburu sirip ikan hiyu karena bisa untuk obat, kalau paruh burung untuk apa? Hanya untuk pajangan saja. Namun saya yakin kalau tujuan mereka menjual burung tersebut karena ingin burung di Kalbar punah,” katanya.

Namun kata Ruslan, pemerintah sepertinya tidak sadar akan hal itu, sehigga mereka sepertinya tidak perduli. Hingga akhirnya berlahan-lahan burung enggang yang menjadi Maskot Kalbar tersebut  benar-benar punah. “Kan aneh nanti kalau maskot Kalbar tapi kita lihatnya di kebun binatang Malaysia,” katanya.-tribunnewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...