Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 07 Maret 2013

Sarang Walet Masuk Raperda


Gudang Burung - Kalangan DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan, hingga saat ini tengah bekerja keras menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang sarang burung walet.


"Raperda sarang burung walet perlu pembahasan serius, agar produk hukum tersebut benar-benar membawa dampak positif baik bagi pemerintah daerah maupun pengusaha atau masyarakat," ujar Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotabaru Faruk Syahdan, di Kotabaru, Rabu (6/3).

Dia mengemukakan, pembangunan sarang burung walet di Kabupaten Kotabaru, akhir-akhir ini semakin pesat.Karena usaha budidaya sarang burung walet termasuk jenis usaha yang cukup menjanjikan, sehingga masyarakat yang memiliki modal sangat antusias dalam bisnis tersebut. "Untuk itu perlu aturan dan payung hukum, agar semua pihak tidak ada yang dirugikan," katanya.

Untuk mengatur bangunan sarang burung walet, tidak hanya dengan mengacu pada Peraturan Bupati (Perbub). Akan tetapi, diperlukan peraturan daerah yang akan memperkuat Perbub tersebut.

Faruk menambahkan, beberapa pekan yang lalu Raperda sudah dibawa oleh pihak Eksekutif dan Legislatif ke Dinas Pertanian dan Peternakan Pemerintah Provinsi. "namun masih ada hal-hal yang masih perlu dilengkapi lagi, terutama masalah teknis yang dinilai belum lengkap," imbuhnya.

Mempercepat proses raperda menjadi perda, pihaknya akan meningkatkan koordinasi dengan Dinas Peternakan Kotabaru. Begitu juga dengan masalah teknis, Dinas Peternakan diminta proaktif, terutama segera melengkapi apa-apa yang diperlukan.-republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...