Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 04 Maret 2013

Robot Burung Unta

http://static.liputan6.com/201302/burung-unta-130222b.jpg
 
Gudang Burung - Membuat robot ternyata bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Setidaknya ini menurut empat orang Rusia yang sangat fanatik terhadap robot, hingga mencoba untuk mengembangkan robot mereka sendiri.

Seperti dilansir dari laman Gizmag, Jumat (22/2/2013), empat orang Rusia yang tergabung dalam Konstantin Ivanov kemudian membangun robot burung unta. Tak perlu modal besar, sebab burung unta ini bisa dibuat dengan modal hanya US$ 1500 atau kurang dari Rp 15 juta.

Seperti burung unta, robot ini memiliki dua kaki dan berjalan dengan cara satu langkah kaki menopang berat tubuh secara bergantian. Menariknya, robot ini bisa ditunggangi, bahkan oleh orang dewasa.

Robot yang terbuat dari kayu ini memiliki berat hingga 180 kilogram. Teknik gerak robot ini menggunakan teknik yang sama dengan yang digunakan di robot berjalan pertama, yang dikembangkan di Jepang pada awal '70an.

Teknologi yang digunakan memang masih seadanya. Tapi tim yang terdiri dari Sirotin, Jarmarkin, Stulov dan Isakov ini memperlihatkan kalau robot bisa dikembangkan dengan dana terbatas.

Keempat anggota tim memiliki latar belakang yang berbeda. Ada yang ahli penerbangan, ada juga yang ahli mesin. Tapi keempatnya tak ada yang memiliki sekolah khusus di bidang robotik.

Tentu saja ini tidak menghalangi keempatnya untuk terus mengembangkan robot mereka. Setelah sukses dengan robot burung unta, tim robot Konstantin Ivanov berencana membuat robot seperti yang muncul di film fiksi ilmiah macam "Star Wars" atau "RoboCop".-liputan6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...