Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 18 Maret 2013

Keajaiban Kawanan Jalak


Gudang BurungJangan berenang ikan di sekolah atau burung terbang dalam kawanan memiliki semangat kolektif yang memungkinkan mereka untuk bergerak sebagai salah satu? Apakah mereka hewan dengan kognisi sangat berkembang, naluri kompleks atau hadiah telepati? 
Studi terbaru yang dilakukan oleh kelompok penelitian yang dipimpin oleh Prof Charlotte Hemelrijk dari Universitas Groningen di titik arah lain.Matematika model diri-organisasi menunjukkan bahwa perilaku kolektif yang rumit bisa menjadi konsekuensi dari aturan perilaku sederhana.
Dalam sebuah artikel dalam jurnal online PLoS ONE, Hemelrijk dan ilmiah pemrogram Hanno Hildenbrandt menggunakan model komputer StarDisplay untuk menggambarkan penyebab dari berbagai bentuk ajaib dalam kawanan jalak.

Sekolah ikan

Sebelumnya, Hemelrijk dan kolaborator-nya menggunakan model komputer yang sebanding untuk menyelidiki sekolah ikan. Pengamatan menunjukkan bahwa di alam ini selalu memanjang. "Model kami menunjukkan bahwa bentuk memanjang sekolah ikan adalah hasil otomatis self-organisasi," kata Hemelrijk. 
Selain pengelompokan biasa dan koordinasi, tidak ada aturan tambahan yang diperlukan untuk mencapai hal ini. Seekor ikan berenang di belakang satu sama lain akan melambat untuk menghindari menabrak salah satu di depan itu dan tetangga bekas kemudian pindah ke dalam untuk mengisi kekosongan yang telah membuka. Hal ini menyebabkan sekolah memanjang.
Variasi Fantastis

Kawanan jalak, bagaimanapun, menghasilkan berbagai bentuk yang jauh lebih kaya. Video cuplikan dari kawanan burung jalak terbang di sekitar mencari tempat untuk bertengger menunjukkan variasi yang fantastis di seluruh dunia. Putaran, luas, memanjang, kawanan bahwa pergeseran bentuk dari saluran ke jam pasir, penebalan, menipis, ini adalah semua variasi yang ada.
 Orang-orang telah bertanya-tanya untuk usia bagaimana semua bentuk-bentuk yang berbeda dapat diciptakan. Pada 1930, Edmund ornitologi Inggris Selous - juga terpesona oleh ternak - bahkan disebabkan berbagai luar biasa untuk telepati.
Prinsip

"Kami ingin mengetahui apakah diri-organisasi dapat memberikan penjelasan yang memadai," Hemelrijk negara. Model StarDisplay baru sekali lagi didasarkan pada sejumlah prinsip: burung tertarik satu sama lain, mereka bergerak dalam arah yang sama dan mereka mencoba untuk menghindari menabrak satu sama lain. 
Selain itu, model berisi fungsi-fungsi matematika menggambarkan perilaku terbang menggunakan aerodinamis disederhanakan. Burung-burung jalak simulasi mengalami gaya angkat, tarik dan gravitasi, dan bank saat memutar.Program ini digunakan untuk mensimulasikan bagaimana kawanan lingkaran jalak di atas tempat bertengger. Setiap kali jalak dalam model meninggalkan daerah itu di atas situs tidur mereka dibuat untuk kembali.
Berbelok ke kiri, kanan

Memutar mungkin terjadi berbeda pada burung dan ikan. Menurut model dan penelitian empiris yang dilakukan oleh kelompok Hemelrijk itu, individu ikan di luar kelompok berubah dapat mempercepat sedikit, sedangkan pada bagian dalam memperlambat. Hal ini memungkinkan ikan untuk mempertahankan tempat asli mereka dalam kelompok dan menjaga sekolah memanjang.

Burung dalam kawanan, bagaimanapun, gilirannya individu, seperti yang ditunjukkan dalam pengamatan burung merpati mengitari batu diterbitkan oleh ahli biologi Amerika Harold Pomeroy dan Frank Heppner pada tahun 1992. Ini berarti bahwa posisi burung relatif terhadap satu sama lain berubah setelah berbelok 90 derajat. Burung yang terbang mengikuti sekarang terbang satu di belakang yang lain. Dan jika belum gilirannya lain dibuat, burung-burung yang terbang kanan sekarang tiba-tiba terbang kiri kapal.
Sedikit variasi dalam kecepatan

Cara mengubah adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan variasi dalam bentuk.Sekawanan yang datar dan lebar menjadi panjang dan sempit setelah putar 90 derajat."StarDisplay menunjukkan kepada kita bahwa cara untuk mengubah merupakan konsekuensi dari fakta bahwa burung tidak bervariasi kecepatan mereka sangat banyak," kata Hemelrijk. "Jika kita mencari lebih banyak variasi dalam kecepatan ke dalam model kami, bentuk menjadi lebih memanjang dalam arah gerakan Dalam hal itu, hasilnya bahwa kami sebelumnya untuk ikan -. Mana bentuk tetap memanjang - juga berlaku untuk burung. "

Faktor lain

"Dalam artikel PLoS ONE kita hanya bisa membahas beberapa penyebab dari variasi dalam bentuk ternak jalak," jelas Hemelrijk. Selain kecepatan yang hampir dapat bervariasi, faktor lain adalah jumlah besar individu dalam kawanan, jumlah kecil mitra - hanya tujuh - yang setiap burung berinteraksi dengan, membuat kurva dan perbankan di kurva.
Tak Terhingga Nilainya

Apa yang belum dimodelkan adalah perilaku makan dan perilaku yang terkait untuk menghindari burung pemangsa. Udara sebagai media, dengan faktor-faktor seperti angin dan turbulensi, belum dimasukkan dalam model baik. Hemelrijk: "Meskipun pembatasan ini, model telah memberi kita cukup beberapa hipotesis untuk menguji ini sangat berharga, seperti meneliti perilaku seperti di alam sangat sulit tanpa model yang baik untuk mendasarkan diri padanya"-umm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...