Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 31 Januari 2013

Nasib Tak Sama Namanya


greeners_animal_Burung_Madu_Kelapa_Betina
Ya,burung madu-kelapa,begitulah orang memanggilnya.Burung yang dikenal dengan sikapnya yang arogan dan sering mengusir jenis burung lain dari pohon sumber makanannya.Tak jarang,burung ini harus berkelahi dengan caranya tersendiri dengan adanya teori ini

Burung madu kelapa atau yang memiliki nama ilmiah Anthreptes melaccensis ini masih tergolong dalam keluarga Nectariniidae. Seluruh jenis yang ada dalam keluarga ini dilindungi oleh Undang-Undang nomor 5 tahun 1990 yang dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 7 tahun 1999.
Berukuran sedang sekitar 13 cm, memiliki ciri paruh yang panjang melengkung khas burung penghisap madu. Ciri-ciri fisik pejantan dan betina sangat berbeda. Pejantan memiliki mahkota dan punggung hijau yang berkilau jika terkena cahaya. 
Tunggir, penutup sayap, ekor dan bagian kumis ungu bersinar. Pipi, dagu dan tenggorokan berwarna coklat tua buram, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kuning. Berbeda dengan burung betina, tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun dan tubuh bagian bawah berwarna kuning muda.
Burung madu kelapa sangat bergantung dengan nektar dari berbagai pepohonan. Selain itu, jenis ini juga menyukai serangga, ulat, laba-laba dan buah lembut. Oleh karena itu, burung madu kelapa relatif mudah dijumpai di pekarangan yang banyak pepohonan tapi relatif terbuka, kebun kelapa, semak pantai, hutan mangrove hingga pinggiran hutan diketinggian 1200 m dari permukaan laut.
Maraknya pemeliharaan burung madu, yang di pasaran terkenal dengan burung kolibri membuat keberadaan burung madu kelapa di alam semakin berkurang. Meskipun jenis ini termasuk dilindungi negara, namun sebagian besar masyarakat tidak mengetahui peraturan tersebut. Kita akan dengan mudah menyaksikan burung madu diperjualbelikan di pasar burung, tanpa sedikitpun kekhawatiran dari pedagang dan pembeli akan ditangkap oleh petugas.-greenersmagz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...