Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Sabtu, 19 Januari 2013

Migrasi Hingga Sulawesi

 http://cdn1.arkive.org/media/72/72EEF30E-249A-4F0C-8C97-DABFECB7A9EA/Presentation.Large/australian-pelican-sitting-on-a-perch-by-lake.jpg

Ribuan burung berukuran besar dan kecil dari 270-an spesies saat ini berkumpul di Taman Suaka Margasatwa Mampie, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Di antaranya terdapat ratusan burung pelikan australia yang bermigrasi dari daerah asalnya dan beristirahat di danau di Mampie.


Burung-burung itu mulai berdatangan ke Sulawesi Barat sejak awal bulan September untuk mencari makan di tempat ini. Kehadiran mereka membuat Taman Suaka Margasatwa Mampie ramai oleh suara burung. Wisatawan pun ikut berdatangan untuk melihat burung-burung yang cantik itu.

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Sulselbar Nur Alam menyebutkan, burung-burung ini secara teratur berkunjung ke Sulawesi. Namun, jumlahnya dari tahun ke tahun makin berkurang. Diduga salah satu penyebabnya adalah hilangnya habitat mereka.

 http://mvhunt.net/images/birds/IMG_8707-Australian-Pelican.jpg

Dikatakan Nur, lebih dari 1.000 hektar hutan bakau yang dilindungi berdasarkan keputusan menteri lingkungan hidup dan menteri pertanian 90 persennya sudah dibabat dan dialihfungsikan warga menjadi areal tambak.

Saat ini hutan bakau hanya terdapat di sepanjang bibir pantai. Itu pun hanya di beberapa lokasi saja. Sejak hutan bakau rusak, musibah banjir terjadi di wilayah ini saat gelombang tinggi menerjang

1 komentar:

  1. wahahaah jauh juga ya migrasinya. dari australia bisa sampe sulawesi.

    GPS Tracking System

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...