Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Kamis, 10 Januari 2013

Kormoran Raja



Burung kormoran raja (Phalacrocorax carunculatus) punya perilaku super dalam mencari makan. Burung ini ternyata mampu menyelam ke dasar laut hingga kedalaman 46 meter untuk mencari ikan.


Fakta tersebut didapatkan dari hasil penelitian Wildlife Conservation Society (WCS) bersama National Research Council of Argentina (CONICET). Video perilaku makan burung kormoran raja diperlihatkan pada Selasa (31/7/2012).

Perilaku makan burung laut tersebut membuat ilmuwan terkejut. Selama ini ilmuwan mengira bahwa burung laut hanya mencari ikan di permukaan. Ternyata, burung kormoran raja mampu menembus kedalaman.

"Ini pertama kalinya kita melihat mereka menyelam hingga ke dasar laut. Ini perilaku baru. Orang tidak mengetahui ini sebelumnya," kata Martin Mendez, biolog dari WCS, seperti dikutip National Geographic, Kamis (2/7/2012).


Untuk mengetahui perilaku makan burung ini, ilmuwan meneliti dengan penggunakan penanda, GPS, dan kamera. Burung kormoran raja punya perilaku selalu kembali ke sarang sehingga dengan menandai sarang, riset bisa lebih mudah dilakukan.

"Tim ingin mendokumentasikan situasi di mana hewan ini makan apa yang sedang mereka lihat. Para peneliti juga ingin melihat apa yang sedang dicari oleh burung itu," ujar Mendez.

Menurut Mendez, hasil riset ini sangat bermanfaat bagi upaya konservasi burung kormoran raja. Pemerintah di mana burung ini terdapat bisa memilih lingkungan yang menjadi prioritas konservasi.

1 komentar:

  1. dari bentuknya sedikit mirip dengan bebek sih. keren yang seperti ini, bisa menyelam dan terbang ya

    Sewa Mobil Jakarta

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...