Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Rabu, 16 Januari 2013

Dalmatian Pelican (Pelecanus crispus)

http://www.juzaphoto.com/shared_files/uploads/37016.jpg

Burung Dalmatian Pelican (Pelecanus crispus) merupakan anggota dari keluarga besar pelican. Di antara keluarga yang umumnya sangat sosial, Burung Dalmatian Pelican mungkin memiliki kecenderungan sosial paling sedikit. Burung Dalmatian Pelican secara alami bersarang dalam kelompok relatif kecil dibandingkan dengan sebagian besar spesies pelican lainnya dan kadang-kadang bahkan mungkin hanya sarang saja. 


Tetapi, koloni kecil biasanya terbentuk, yang secara historis telah menyertakan hingga mencapai 250 pasang. Kadang-kadang, pelikan Dalmatian dapat mencampur dengan koloni Great White Pelican. Tempat bersarang yang dipilih biasanya pulau dekat dengan air (biasanya laguna atau sungai delta) atau dataran padat vegetasi air, seperti reedbeds luas Phragmites dan Typha.

Karena ukurannya yang besar, pelikan sering menginjak-injak vegetasi di daerah sekitar sarang mereka di dalam substrat berlumpur dan dengan demikian lokasi sarang yang tidak sesuai dapat menjadi berlumpur setelah sekitar tiga tahun penggunaan.

 http://www.naturephoto-cz.com/photos/auer/pelecanus-crispus-xxx2z8h6829mw.jpg

Sarang Pelikan Dalmatian adalah tumpukan rumput, alang-alang, tongkat dan bulu, biasanya berukuran sekitar 1 m (3,3 ft) dan dalam 63 cm (25 inci). Sarang biasanya terletak di atau dekat tanah, sering ditempatkan pada vegetasi mengambang padat. Sarang cenderung tipis hingga disemen bersama-sama oleh kotoran. 

Perkembangbiakan Burung Dalmatian Pelican dimulai pada Maret atau April, sekitar satu bulan sebelum keturunan Great White Pelican. burung Dalmatian Pelican meletakkan 1 hingga 6 butir telur, normalnya dua telur. Telur mempunyai berat badan antara 120gr sampai 195 gr (4.2 dan 6.9 oz). Inkubasi telur berlangsung selama 30 hingga 34 hari. Para anakan dilahirkan telanjang tapi segera tumbuh bulu bawah putih. Ketika berusia muda 6 hingga 7 minggu, pelikan sering berkumpul di "pods" atau kobakan kecil. burung Dalmatian Pelican akan menjadi dewasa setelah 85 hari dan menjadi mandiri pada 100 sampai 105 hari.

 Keberhasilan bersarang bergantung pada kondisi lingkungan setempat, dimana dari 58% hingga 100% dari anakan berhasil selamat hingga dewasa. Tempat bersarang dapat menjamin terhindarnya pemusnahan, walaupun mamalia karnivora yang makan telur dan anak burung dapat mengakses sarang saat tingkat air cukup rendah bagi mereka untuk menyeberang, seperti yang telah direkam pada celeng yang menghancurkan sarang di Bulgaria. Serigala, rubah, serigala, anjing dan lynxes juga predator sarang biasa saat kadar air rendah dan elang ekor putih dapat menyerang pelikan di koloni untuk setidaknya ukuran fledgings. Kematangan seksual diperkirakan diperoleh pada usia 3 atau 4 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...