Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 09 Desember 2012

Si Emprit Populasi Terancam!

 http://beruksejati.files.wordpress.com/2010/04/mprit.jpg

Burung emprit bukanlah jenis burung yang asing di telinga kita.Tapi ketahuilah keberadaan burung jenis yang satu ini dari hari ke hari mengalami penurunan populasi yang sangat drastis.Salah satu faktor berkurangnya populasi burung emprit ini adalah faktor perburuan yang dilakukan oleh manusia.



Misalnya saja di daerah tempat tinggal saya,lebih dari 100 ekor burung emprit tertangkap jaring para pencari burung.Bisa dibayangkan jika setiap hari 100 ekor,maka 1 bulan sudah mencapai 3000 ekor yang tertangkap oleh para pencari burung.

Bukan angka yang sedikit untuk 3000 ekor.Itu baru di tempat saya tinggal yang sawahnya tidak mencapai 20 petak saja.Bayangkan jika hal serupa dilakukan di daerah yang merup0akan daerah penghasil beras di Klaten,seperti di Wedi.Tentunya,populasi burung emprit disana lebih jauh bertambah perburuan empritnya.

Disisi lain emprit juga sebagai penyeimbang ekosistem alam,tetapi juga terkadang sebagai musuh petani karena mereka memakan padi para petani yang mulai tumbuh subur.Sedamgkan sekarang ini petani juga sedang diserang hama,berupa hama weerng ataupun belalang.

Keberadaan burung emprit yang dahulunya sebagai predator alami pembasmi wereng dan belalang-pun lambat laun makin berkurang drastis keberadaannya.Di sisi lain burung ini memang merugikan,tetapi di sisi lain juga menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...