Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 24 Desember 2012

 http://carolinabirds.org/Daniels/Australasia/Photos/cormorant,%20great%20NZ%20a9.jpg

Pecuk, atau kadang-kadang disebut kormoran (dari bahasa Inggris: cormorant), adalah sebutan untuk sekelompok burung anggota suku Phalacrocoracidae. Sistematika suku ini masih memerlukan revisi; saat ini telah dibuat beberapa usulan klasifikasi, namun masih banyak yang dipertentangkan. Shag adalah nama inggris untuk pecuk yang memiliki jambul di kepalanya, namun penggunaan kedua nama ini (cormorant dan shag) tidak konsisten dan acap dipertukarkan.


Pecuk adalah burung laut berukuran sedang hingga besar. Ukuran burung-burung ini bervariasi, dari 45 cm dengan berat 340 gram (pecuk kerdil, Phalacrororax pygmaeus) hingga yang berukuran 1 meter dan berat mencapai 5 kg (kormoran galapagos, Phalacrocorax harrisi). Sejenis pecuk yang punah baru-baru ini, kormoran kacamata (Phalacrocorax perspicillatus) memiliki massa 6,3 kg.

 http://cdn1.arkive.org/media/5E/5E863062-4F01-468C-B6F0-1BFB8ACAD2A0/Presentation.Large/Bank-cormorants-with-kelp-gull.jpg

Mayoritas pecuk memiliki bulu berwarna gelap, namun beberapa jenisnya di belahan bumi bagian selatan warnanya hitam dan putih, dan ada pula di antaranya yang memiliki agak banyak warna di bulunya (misalnya shag Selandia Baru). Sementara itu banyak jenis pecuk yang memiliki kulit berwarna di wajah dan dagunya, biru terang, jingga, merah atau kuning, yang menjadi semakin terang warnanya di musim kawin.

Paruhnya panjang, tipis, dan berkait tajam; sangat berguna untuk menangkap dan memegang ikan yang menjadi mangsanya. Kakinya berselaput di antara keempat jarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...