Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 18 November 2012

Mengapa Sarang Burung Walet Mahal ?


Mengapa Sarang Burung Walet Mahal ? - Dulu orang banyak yang mempertaruhkan nyawanya mendaki bukit dengan kemiringan yang hampir 90 derajat. Mereka bergelantungan di dinding tebing atau memasuki goa yang juga mempunyai kemiringan yang hampir tegak lurus. Peralatan pun kadang hanya sederhana. Mereka hanya membangun semacam tangga dengan mengikat satu bambu yang kokoh dengan bambu lainnya. Tidak ada yang menjamin keselamatan mereka. Yang mereka pikirkan adalah penghasilan yang luar biasa dari panen sarang burung walet yang mereka dapatkan.


Uang dari jual beli sarang burung walet itu bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Melihat sulitnya medan dan resiko yang harus mereka hadapi, pantaslah kalau usaha mereka itu dihargai dengan nilai rupiah yang sangat fantastis. Pekerjaan yang mereka lakukan itu kadang juga harus bertarung dengan waktu dan hewan melata yang mungkin saja mengintai tubuh mereka yang bergelantungan di tebing-tebing itu. Mereka juga harus melawan kekuatan orang yang berhati busuk yang akan mengambil apa yang telah mereka dapatkan.

Tingkat kejahatan yang berkaitan dengan sarang b urung walet ini memang cukup tinggi. Setelah melihat bagaimana orang memanen sarang burung walet, barulah akhirnya banyak yang berpikir bagaimana kalau membuat sarang burung walet dengan berbagai peralatan modern. Tempat persinggahan walet yang akan memberikan keuntungan itu, mulai dilirik oleh orang-orang yang paham pangsa pasar penjualan sarang burung walet.

Susahnya mendapatkan sarang burung walet dan permintaan yang tidak sepadan dengan produksi, telah membuat harga sarang burung walet menjadi sangat tinggi. Selain itu, khasiat makan burung sarang walet yang dapat membuat awet muda dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit, juga mendongkrak harga sarang burung yang berasal dari liur burung walet tersebut.

Orang memang akan melakukan apapun demi kesembuhannya. Orang juga akan melakukan banyak hal ketika telah berurusan dengan kecantikan. Untuk itulah uang akan menentukan bisa pergi ke mana dan  bisa melakukan apa. Sarang burung walet ini begitu menggiurkan. Keyakinan orang bahwa sarang burung walet akan memberikan manfaat yang banyak kepada tubunya, membuat harga sarang burung kecil ini sangat mahal.

Dari permasalahan sulitnya mendapatkan sarang burung walet di alam, membuat orang yang mempunyai modal mendirikan bangunan yang khusus untuk memelihara burung walet. Ada pemerintahan daerah yang memberikan izin tetapi masyarakat setempat tidak memberikan izin. Alasan masyarakat adalah bahwa sarang burung walet yang gelap dengan kolam di dalamnya malah akan membuat sarang nyamuk.

Sarang nyamuk ini sangat berbahaya. Selain itu, suara walet yang sangat berisik juga membuat masyarakat sekitar berupaya menghalangi orang-orang yang akan mendirikan sarang burung walet di daerah pemukiman yang padat.

Hal inilah yang membuat sarang walet banyak di dirikan di daerah pinggiran kota. Beda dengan kota Betung, Sumatera Selatan. Usaha burung walet ini seakan telah menjadi usaha yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakatnya sehingga berbagai gedung tinggi didirikan tidak ada yang menentang.
Bila melewati kota satu ini, suara burung walet yang begitu khas telah terdengar dari kejauhan. Suara itu sendiri tak akan berhenti. Bahkan untuk memikat burung walet agar masuk ke dalam gedung, para pemilik gedung walet itu memasang pengeras suara yang akan membuat suara walet yang telah berada di gedung terdengar oleh burung walet lain yang masih berada di luar gedung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...