Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Selasa, 20 November 2012

CITES

http://www.sharktrust.org/sharknew_images/users//CITES_logo_WEB.jpg

CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of  Wild Fauna and Flora) merupakan komitmen dari 145 negara di dunia mengenai prinsip yang dikembangkan CITES secara khusus . CITES adalah lembaga yang mendaftar jenis tumbuhan ataupun hewan yang terancam kepunahannya dan dilarang untuk diperdagangkan yang merupakan pakta yang mulai berlaku sejak tahun 1975 . Indonesia sendiri meratifikasi ini ke dalam Keputusan Pemerintah No. 43 tahun 1978 .


CITES juga merupakan satu - satunya traktat global yang fokus tentang perlindungan flora dan fauna dari perdagangan internasional yang tidak sesaui ketentuan yang berlaku , serta mungkin mengganggu kelestarian flora atau fauna tersebut .

CITES terdapat 3 lampira ( appendix ) , yang terdiri dari :
  • Appendix I      : memuat daftar dan melindungi seluruh jenis spesies flora dan fauna liar yang terancam kepunahan dari perdagangan internasional secara komersial
  • Appendix II    : memuat daftar flora dan fauna yang tidak terancam kepunahan , tetapi mungkin npunah apabila perdagangan dilakukan terus - menerus tanpa ada pengaturan .
  • Appendix III  : memuat daftar flora dan fauna yang dilindungi di setiap negara dalam batas - batas habitatnya , dan negara tersebut memiliki kewenangan untuk memasukkannya ke dalam Appendix II , bahkan bisa juga masuk ke dalam Appendix I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...