Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Senin, 08 Oktober 2012

Penanganan Kenari Sakit

http://4.bp.blogspot.com/-JHTFbJ8eByM/TlC0BxLkdTI/AAAAAAAAAHM/RuQ1WKDE1JE/s1600/kenari+merah.jpg

Seperti hewan lainnya Kenari juga membutuhkan perawatan agar tidak terkena penyakit dan mati. Kenari termasuk burung yang pandai menyembunyikan sakitnya . Mungkin naluri alamnya masih berfungsi, agar tidak menjadi mangsa binatang buas maka kenari harus mempelihatkan kondisi fisik yang prima. Kenari akan menghindar terlihat sakit ketika kenari merasa terancam .

Kenari akan terlihat sakit jika penyakitnya sudah cukup parah sehingga kenari tidak bisa menyembunyikan lagi kondisi fisik sebenarnya . Padahal penyembuhan kenari yang bagus pada saat sakitnya masih ringan (belum parah). Dipasaran obat maupun multivitamin khusus kenari masih cukup sulit ditemukan, hanya ada di tempat-tempat tertentu. Jadi sebelum kenari sakit parah kita harus tahu gejala awal kenari sakit. Adapun ciri-cirinya :


1. Bulu terlihat kusam, kotor dan tidak mengkilap


2. Sorot mata sayu kadang-kadang suka memejamkan mata seperti tidur


3. Bulu-bulu sekitar kepala dan leher terlihat merinding


Jika Anda melihat ciri-ciri seperti diatas maka usahakan tanggulangi secepatnya dengan memberi obat yang sesuai dengan penyakitnya, atau kalau deket dengan dokter hewan bisa langsung dibawa ke dokter hewan. Setelah kenari diberi obat langkah selanjutnya yaitu :


1. Memberikan kehangatan

 Kenari yang sedang sakit fisiknya lemah sehingga membutuhkan lingkungan yang nyaman untuk mempertahankan kondisi fisiknya. Salah satu pertolongan awal terhadap kenari sakit yaitu dengan memberikan kehangatan… Untuk meningkatkan kehangatan di sangkar dipasang lampu dengan daya sekitar 40 watt.

2. Memberikan pakan ekstra


Kenari yang mengalami sakit rata-rata kurang makan, untuk meningkatkan napsu makan bisa diberi makanan yang disenangi kenari seperti telor puyuh, biji sawi atau makanan lainnya. Untuk kasus-kasus tertentu kita harus menyuapi kenari agar mau makan, makanan yang diberikan harus berbentuk bubur (bisa menggunakan bubur bayi)


3. Memberikan minuman


Kenari sakit jarang minum, kita harus membantu kenari agar mau minum… bisa dibantu memberi minum dengan cara meneteskan air ke mulut kenari, ketika meneteskan air ke mulut kenari harus hati-hati jangan sampai masuk ke rongga pernapasan. Ketika kenari sakit kalau tidak ingin repot bisa memasukkan obat ke dalam air minum kenari


4. Memberikan ketenangan


Terakhir untuk memulihkan stamina kenari harus diberikan ketenangan, cara memberikan ketenangan yaitu dengan mengerodong sangkar kenari…


Langkah selanjutnya peternak/hobis kenari harus punya stok obat atau multivitamin khusus kenari… karena kita tidak tahu kapan penyakit menyerang kenari kesayangan kita. Tetapi yang utama adalah lebih baik menanggulangi dari pada mengobati. 


Untuk referensi obat-obatan kenari, Anda bisa menggunakan BirdTwitter (untuk penyakit saluran pernafasan atas), BirdBlown untuk penyakit mata berair atau diare dan penyakit yang berkaitan dengan infeksi pencernaan lainnya.

Jaga selalu kesehatan burung dengan pemberian rutin (sepekan dua kali) BirdVit dan BirdMineral

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...