Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 28 Oktober 2012

Burung kenari melayu atau Serinus estherae: Gambar dan Suara

Burung kenari melayu atau Serinus estherae atau kenari gunung atau mountain serin adalah burung kenari aseli Indonesia. Termasuk dalam suku Fringillidae (suku besar dan menyebar luas hampir di seluruh dunia). Berukuran kecil, burung ini adalah pemakan biji dengn paruh tebal. Suku ini mirip manyar. Perbedaannya ekor lebih panjang dan bertakik, paruh sedikit lebih kecil, sarang terbuka berbentuk mangkuk (tidak tertutup seperti manyar).

burung kenari melayu atau serinus estherae atau kenari gunung atau mountain serin


Gambar burung kenari melayu atau serinus estherae atau kenari gunung atau mountain serin



Suara burung kenari melayu atau serinus estherae atau kenari gunung atau mountain serin:



Download


Deskripsi

Burung ini berukuran kecil (11cm), berwarna kuning dan abu-abu. Ciri burung jantan berdahi dan dada berpita kuning dan bercoret hitam, tunggir kuning terang, sayap hitam dengan mantel abu-abu, tenggorokan hitam, perut putih bercoret hitam.

Sedangkan burung betina hampir mirip jantan tetapi tunggir kuning lebih suram dan dada kurang berbintik.

Burung kenari melayu atau kenari gunung ini suara kicauannya bergemerencing pendek yang dikeluarkan sewaktu terbang dan juga punya cicitan metalik.

Penyebaran burung kenari melayu secara global adalah Filipina, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Sedangkan penyeberaran lokal ada di  Sumatera dan hanya diketahui di daerah padang dan semak alpin di Gunung  Leuser serta puncak-puncak di sekitarnya.

Di Pulau Jawa ditemukan di Gunung  Gede, Pangrango, Papandayan, Slamet, Dieng, Lawu, dan Gunung/pegunungan Tengger.

Burung ini punya kebiasaan menyendiri tetapi juga suka ada dalam kelompok kecil . Mereka bergerombol di puncak semak-semak kecil, di padang rumput alpin atau hutan lumut, juga hinggap di tanah.

Kenari melayu akan turun ke ketinggian yang lebih rendah untuk mengunjungi semak Strobilantus cernua atau blume (orang sunda menyebutnya bubukuan) sewaktu berbuah lebat.

Burung kenari melayu atau kenari gunung punya sifat pemalu, suka terbang cepat dengan cara bergelombang, naik turun sebagaimana halnya  burung pipit.(Sumber: omkicau.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...