Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Jumat, 31 Agustus 2012

Meramu Voer Untuk Pleci



Gudang Burung - Hampir 95% pelomba Pleci di Singapura, Vietnam, China dan beberapa negara lain tidak pernah pure menggunakan pakan pabrikan. Mereka selalu memberikan makanan adalah hasil racikan kepada Jagoan Pleci Lomba mereka. Mahaguru Irvan Sadewa berkenan berbagi racikan rahasia voer untuk pleci jagoan Anda…:)
APA SAJA YANG KITA BUTUHKAN UNTUK MERACIK VOER KHUSUS PLECI ( PLECI LOMBA ) ?
1. VOER CRUMBLE PABRIKAN DENGAN KUALITAS BAIK. Baik disini bukanlah dari merek populer, tapi terbukti aman dan sesuai dengan sistem metabolisme burung pemakan serangga dan buah. Memiliki kandungan protein 16-21%, karbohidrat dan lemak yang seimbang dan mengandung beberapa mineral pendukung.
Tanpa ada unsur promosi, saya merekomendasikan pakan burung FANCY NINE STAR (9Star) yang butirannya berwarna coklat sebagai bahan bakunya.
2. TEPUNG JANGKRIK
Berdasar penelitian ilmiah, jangkrik memiliki kandungan hormon progesterone 105,49 ppm, testoteron 31,78 ppm dan hormon estrogen 259,535 ppm. Bahkan mampu menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram jauh diatas bahan makanan lainnya.
Ternyata kandungan protein tepung yang terbuat dari jangkrik tersebut tinggi, yakni mencapai 57,32 persen. Selain itu, Jangkrik ini juga memiliki senyawa kimia seperti asam amino yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel, GSH (glutation) dan berfungsi sebagai antioksidan alami pada tubuh.
Proses pembuatan Tepung Jangkrik sebagai berikut : Jangkrik (usia 40 hari) —> Direndam air panas —> Dicuci hingga bersih —> Masukan dalam oven 70oC , t = 3 jam —> Digiling sampai berukuran halus. INFO: Tepung Jangkrik mudah di dapatkan di POULTRY tempat menjual pakan-pakan ayam.
3. PAKAN IKAN HIAS BERMEREK DAN BERMUTU
Pakan ikan hias ini selain banyak mengandung banyak protein, juga sangat kaya akan asam amino dan mineral yang sangat baik untuk burung Pleci. Disamping itu, hampir semua pakan ikan hias sudah dilengkapi dengan formula alami yang bisa membuat warna lebih baik.
Sangat banyak pakan hias yang beredar di pasaran, selama ini yang kita gunakan merek Beuty dan Takari.
4. TIMBANGAN KUE
Kita membutuhkan timbangan kue untuk menimbang beberapa bahan agar sesuai dengan komposisi yang seharusnya.
CARA MERACIKNYA
a. Timbang dan siapkan 100 gram Voer Crumble.
b. Timbang dan siapkan 20 gram Tepung Jangkrik.
c. Timbang dan siapkan 10 gram pakan ikan hias (takari/beuty)
d. Giling/haluskan 100 gram Voer + 20 gram Tepung Jangkrik dengan penggiling atau blender (dry) sehingga menjadi butiran yang lebih kecil atau lebih halus (sesuai selera).
Setelah ketiga bahan diatas menjadi halus dan tercampur dengan baik, tambahkan 10 gram pakan ikan hias, lalu aduk lagi hingga merata.
Setelah dingin, usahakan voer yang sudah kita racik diatas selalu disimpan di wadah yang benar-benar baik dan kedap udara, ini penting untuk menjaga kualitas pakan tersebut agar tidak tercemar bakteri dan jamur.
==========================================================================
UPDATE BERITA:  
 Artikel ini sudah diupdate berdasar pengertian yang mendalam para penghobi burung atas biji fumayin. Ternyata kita harus menyetop penggunaan fumayin, sebab berisiko berurusan dengan pihak berwajib. Kalau Anda pembeli, siapa tahu yang menjual adalah aparat yang menyamar, sedangkan kalau Anda penjual, siapa tahu juga yang beli adalah aparat hukum. Mengenai duduk perkaranya mohon dibaca artikel: PERHATIAN: FUMAYIN TERMASUK NARKOTIKA, DILARANG DIPERJUAL-BELIKAN 
Yang jelas berdasar UU Narkotika, semua tanaman genus Canabis termasuk Canabis sativa L (fumayin) termasuk narkotika golongan 1. Tidak ada pengecualian apakah biji fumayin sudah diproses atau belum karena semua bagian tumbuhan Canabis sativa L dan semua turunannya masuk dalam Narkotika golongan 1.
Jadilah penghobi yang aman, nyaman dan sejahtera, tanpa berisiko masuk bui.... ==========================================================================

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...