Solusi Masalah Burung

Solusi Masalah Burung

Minggu, 08 Juli 2012

Memilih Jalak Uren (Bp Mahmudi - Klaten)

Syarat utama memilih bakalan ialah mencari burung yang sehat. Kesehatan burung dapat dilihat dari gerakannya yang lincah, bulu sayap tidak mengembang, dan burung tidak selalu diam disangkar. Ciri khusus untuk bakalan yang bagus dapat dibagi menjadi bebrapa dilihat dari bentuk fisik ataupun dari suara.
1. 
Suara
Suara dari burung jalak uren yang baik adalah suara yang sering di keluarkan burung tersebut, dan suaranya itu nyaring dan lantang.

2. Ukuran dan bentuk tubuh
Ukuran dan bentuk tubuh jalak di bagi dua, yaitu ukuran tanggung dan ukuran besar. Ini dapat berbeda tergantung dari keturunan indukannya dan kapasitas makan dari semenjak burung tersebut di loloh atau di suapi sewaktu masih kecil. Bentuk tubuh jalak uren yang baik adalah bentuk burung yang tegap, tidak loyo dan dada yang kedepan. Namun jangan terkecoh dengan badan yang besar di bagian dada, karena bisa saja itu semacam penyakit burung yang kelebihan lemak. Karena ini akan mengganggu proses reproduksi burung tersebut.

3. Bulu
Bulu jalak uren yang baik adalah bulu yang utuh disetiap tubuh, leher dan terutama dibagian sayap. S ehingga burung tersebut tidak kelihatan brondol atau gundul. Namun burung jalak uren yang telah mengalami masa pergantian bulu, itu juga tidak bisa menjadi patokan tergantung pergantian bulunya itu dibagian mana, misalkan diseluruh bagian tubuh terlihat gundul, maka butuh waktu yang agak lama untuk memulihkan kondisi bulu burung tersebut.

4. Kaki
Burung yang baik memiliki kaki yang bersih, alias tidak mengapal atau banyak sisiknya. Burung yang telah umur sekitar 1,5 tahun maka warna kakinya cenderung putih bersih dan kelihatan segar, namun untuk burung yang muda atau piyikan sampai dewasa sampai umur1 tahun kakinya masih terdapat serat warna hitam dan ukuran kaki juga masih cenderung kecil.Untuk burung yang telah tua, kakinya besar, warna putih namun tidak bersih, dan mulai muncul kapal atau sisik kasar pada kakinya.

5. Mata
Bagian sekeliling mata dari jalak uren yang wajar adalah kuning agak keputih-putihan, namun bila burung itu terlalu sering di jemur akan menjadikan sekeliling mata berwarna kuning sekali mendekati warna oranye (orange).
Membedakan jalak Jantan dan Betina
Dari mulai keluar dari telur, sebenarnya jalak uren itu sudah memberikan tanda-tanda bahwa dia jantan atau betina. Yaitu, kemungkinan besar dari tetasan jalak uren dari telur yang pertama kali adalah jantan, namun selanjutnya bisa jantan atau betina. Dari kecil juga, besarnya ukuran kepala juga merupakan tanda, yaitu piyikan yang kepalanya lebih besar itu kemungkinan besar jantan dan yang kecil itu betina. Dari suara Jalak jantan lebih keras dan lantang namun bersuara pendek, dan yang betina lebih pelan suaranya namun panjang. Bila Jalak uren telah berusia kurang lebih satu tahun, dia akan menunjukkan tanda-tanda pada anus yang berwarna kebiru-biruan adalah jantan, dan yang berwarna putih agak merah itu betina

7 komentar:

  1. Tergantung kondisi dan suaranya mas . Dan kalo pasangan harganya jauh lebih mahal . Ini jenis burung kicau mas . Terima ksh sdh brknjg

    BalasHapus
  2. Jk mau beli anakan yg masih loloh berapa pak per ekornya dan jk bli lbih dri sepuluh ekor berapa

    BalasHapus
  3. Sy drmh ada jalak suren kaki nya ga terlalu putih msh ada serat hitamnya dan bersisik kasar kuku nya panjang apakah sudah termasuk tua

    BalasHapus
  4. Sy drmh ada jalak suren kaki nya ga terlalu putih msh ada serat hitamnya dan bersisik kasar kuku nya panjang apakah sudah termasuk tua

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...